Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nias Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anggarkan Rp20 Miliar Tangani Jalan Dalam Kota Puruk Cahu

  • Oleh Trisno
  • 16 Juni 2023 - 05:00 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Penantian panjang masyarakat Kabupaten Murung Raya (Mura), khususnya Kota Puruk Cahu untuk menikmati jalan kota yang nyaman dan aman akan segera terealisasi.

Tahun anggaran 2023 ini pemerintah daerah  setempat melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) akan melakukan peningkatan fungsi badan jalan milik kabuapten di beberapa wilayah kecamatan, khususnya jalan dalam Kota Puruk Cahu.

Kepala Dinas PUPR Paulus Manginte mengatakan kegiatan penanganan jalan tahun 2023 ini di bagi dalam beberapa metode.

“Kegiatan penanganannya (badan jalan) yang akan dilakukan tahun ini dengan metode rehabilitasi, rekonstruksi, pemeliharaan berkala, dan metode pemeliharaan rutin pada masing-masing wilayah. Khusus untuk jalan dalam kota dianggarkan sekitar 25 sampai 28 miliar, angka ini belum bisa kita totalkan karena menunggu hasil dari tim perencanaan yang saat ini masih bekerja,” ucapnya.

Ia menjelaskan, bahwa pembagian metode tersebut merupakan langkah untuk melakukan penanganan jalan milik kabupaten dengan mengedepankan skala prioritas.

Dirinya mengakui saat ini pemerintah pusat melalui pihak teknis terkait terus mendorong kepada setiap daerah untuk melakukan peningkatan badan jalan dengan pola penanganan long segment, tidak terkecuali Kabupaten Murung Raya.

“Kita memilih beberapa metode dan sifatnya skala prioritas, agar dapat meningkatkan fungsi dari badan jalan kita secara menyeluruh mengatasi kondisi faktor teknis dan non teknis seperti keterbatasan anggaran,” ujarnya.

Seperti diketahui beberapa ruas badan jalan yang ditangani tahun ini seperti yang ada di wilayah Kecamatan Permata Intan, Kecamatan Tanah Siang, Kecamatan Murung, khususnya ruas jalan dalam kota.

“Progresnya saat ini finising perencanaan dan penentuan penanganan yang sifatnya skala prioritas,” pungkasnya. (Trs)

Berita Terbaru