Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Barito Utara Terima Aset Eks Bandara Beringin Muara Teweh

  • Oleh Ramadani
  • 16 Juni 2023 - 21:40 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Pemerintah Kabupaten Barito Utara menerima sertifikat dan menandatangani berita serah terima Aset Milik Negara yaitu Eks Bandara Beringin Muara Teweh di Sekretariat Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan RI, Jumat, 16 Juni 2023.

Sertifikat aset eks Bandara Beringin Muara Teweh tersebut diterima Bupati Barito Utara H Nadalsyah didampingi Wakil Bupati, Sekda, Kadis Perhubungan, Kepala BPKA, dan Kepala Bandara HM Sidik.

Sekretaris Ditjen Perhubungan Udara, Nafhan Syahroni menyampaikan, agar aset milik negara senilai kurang lebih Rp 121 miliar ini segera dimanfaatkan dengan baik oleh Pemkab Barito Utara, agar tidak berdiri bangunan liar.

“Aset yang diserahkan ini agar bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” kata Nafhan Syahroni.

Pada kesempatan itu juga Nafhan Syahroni menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Barito Utara atas pengelolaan Bandar Udara Beringin Muara Teweh selama ini dan setelah penyerahan ini semoga dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Bupati Barito Utara, H Nadalsyah menginformasikan bahwa sejarah singkat Bandara Beringin Muara Teweh yang memiliki panjang runway lebih kurang 900 meter tersebut, sejak awal beroperasi hingga beralih ke Bandara HM Sidik.

Dikatakan Nadalsyah, Pemkab Barito Utara sangat terbantu dengan keberadaan Bandara Beringin Muara Teweh untuk melayani transportasi udara seluruh masyarakat di Kabupaten Barito Utara.

"Rute saat itu, dari dan Muara Teweh ke Palangkaraya dan Banjarmasin dengan pesawat jenis Cessna Susi Air kapasitas lebih kurang 10 penumpang," kata Nadalsyah.

Seiring perkembangan dan kemajuan Kabupaten Barito Utara melalui proses dan tahapan yang sangat panjang, pada 30 Maret 2021, Bandara HM Sidik diresmikan oleh Wakil Presiden RI, KH Ma'ruf Amin.

"Sejak itu, operasional Bandara Beringin Muara Teweh dialihkan ke Bandara HM Sidik untuk mengakomodir transportasi masyarakat di Kabupaten Barito Utara yang semakin meningkat," kata H Koyem panggilan akrab bupati.

H Koyem mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Kemenhub melalui Dirjen Perhubungan Udara yang berkenan menghibahkan dan memberikan aset Bandara Beringin Muara Teweh kepada Pemkab Barito Utara.

Berita Terbaru