Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pakpak Bharat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wamen LHK Sebut Indonesia Lumbung Sumber Energi Terbarukan

  • Oleh ANTARA
  • 24 Juni 2023 - 23:59 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Wamen LHK) Alue Dohong menyebutkan Indonesia yang memiliki beragam kekayaan sumber daya alam (SDA) sebenarnya merupakan lumbung energi terbarukan.

“Indonesia ini lumbung energi baru terbarukan, surganya kalau saya bilang,” katanya dalam Indonesia Net-Zero Summit 2023 di Djakarta Theatre XXI, Jakarta, Sabtu.

Ia menjelaskan beberapa sumber energi terbarukan antara lain tenaga angin, tenaga surya, bioenergi dan pembangkit listrik tenaga air.

Menurut dia Indonesia merupakan negara super power untuk sumber energi baru terbarukan seperti hydropower, geothermal, bayu, solar panel, biofuel, dan sebagainya.

Untuk panas bumi atau geothermal, katanya, Indonesia memiliki potensi besar melalui kawasan hutan dan konservasi sebesar 4 gigawatt saat ini.

Selain itu, Indonesia juga mempunyai seluas 13,43 juta hektare (ha) lahan gambut sedangkan hidrologis unit gambut seluas 24 juta ha yang di dalamnya tersimpan 38 sampai 55 gigaton karbon.

“Jauh dari angka 36 juta gigaton yang target kita mau natural global. Tinggal kita lindungi saja (lahan gambut Indonesia),” ujarnya.


Tidak hanya itu, Indonesia turut memiliki kawasan mangrove seluas 3,14 juta ha dengan karbon yang tersimpan dalam ekosistem mangrove Indonesia diperkirakan mencapai 3 gigaton.

“Kalau dua ekosistem (lahan gambut dan kawasan mangrove) ini kita jaga dan lindungi sudah means a lot,” demikian Alue Dohong.

ANTARA

Berita Terbaru