Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bima Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPDPKS Dukung Riset Berbagai Bidang Penyokong Perkebunan Kelapa Sawit

  • Oleh Testi Priscilla
  • 27 Juni 2023 - 00:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota Komite Litbang Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit atau BPDPKS Tony Liwang mengatakan, pihaknya mendukung riset pada berbagai bidang yang dapat menjadi penyokong perkembangan dan kemajuan bagi perkebunan kelapa sawit.

"Selain riset yang outputnya berupa inovasi produk dan teknologi, BPDPKS juga mendukung riset dari fokus bidang lainnya seperti model bisnis, model kelembagaan, rekomendasi kebijakan dan sebuah sistem pengambilan keputusan dalam manajemen perkebunan kelapa sawit," kata Tony dalam rilis BPDPKS pada Senin, 26 Juni 2023.

Hal ini juga telah disampaikan Tony dalam Seminar Teknis Kelapa Sawit 2023 yang diselenggarakan Media Perkebunan, di Jakarta pekan lalu.

"Bahkan teknologi ICT untuk mendukung peningkatan produktivitas kinerja hilirsasi sawit itu juga akan kita dukung risetnya," tutur Tony.

Program Litbang sejak tahun 2015 hingga 2022, lanjutnya, BPDPKS telah mendanai 279 riset yang melibatkan 950 peneliti di 78 lembaga penelitian dan pengembangan di Indonesia dengan dana yang telah disalurkan mencapai Rp501,2miliar.

Di tahun 2023 ini BPDPKS menurutnya lebih selektif dalam pendanaan riset sawit dengan prioritas riset-riset yang berpotensi untuk mencapai komersialisasi dan dapat dimanfaatkan langsung oleh industri.

"Karena banyak proposal yang masuk ke BPDPKS topik dan judulnya hampir sama, seperti masalah ganoderma," ujar Tony lagi. (TESTI PRISCILLA/H)

Berita Terbaru