Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mamuju Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator PKB: Warga Desa Muara Pelantau Butuh Fasilitas Air Bersih

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 03 Juli 2023 - 08:20 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Legislator Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB di DPRD Barito Timur Wahyudinnoor mengatakan, warga Desa Muara Pelantau membutuhkan fasilitas air bersih untuk konsumsi maupun mandi, cuci dan kakus.

"Kami mencermati masalah Desa Muara Pelantau menghadapi musim kemarau ini debit air Sungai Barito dan Sungai Karau mengalami penurunan sehingga kualitas air yang dikonsumsi juga menurun," ujarnya kepada Borneonews, Senin, 3 Juli 2023.

Dia menjelaskan, warga desa yang telah tinggal di bantaran Sungai Karau tersebut selama ini memanfaatkan air sungai atau luapan air yang menggenangi desa itu untuk memenuhi kebutuhan minum maupun mandi, cuci dan kakus.

Karena itu Wahyudinnoor berharap pemerintah daerah dapat memikirkan untuk membangunkan fasilitas air bersih di desa itu sehingga masyarakat tidak mengkonsumsi air sungai yang keruh.

"Kami berharap memasuki kemarau seperti sekarang pemerintah daerah bisa mengantisipasi keluhan warga di sana terkait air bersih," tambah dia.

Ketua Komisi II DPRD Barito Timur itu juga mengingatkan perusahaan perkebunan sawit yang beroperasi di sekitar Desa Muara Pelantau agar mengarahkan dana tanggung jawab sosial atau CSR untuk membantu pembangunan fasilitas air bersih seperti sumur bor maupun sumur gali.

"Jadi kami berharap dalam hal ini pemerintah daerah dan pihak-pihak swasta untuk memperhatikan masyarakat Muara Pelantau yang memang termasuk desa yang agak terpencil dan aksesnya lebih lebih sulit karena air bersih merupakan kebutuhan vital bagi mereka," ujarnya. (BOLE MALO/H)

Berita Terbaru