Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ponorogo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Rencana Kerja Pembangunan Kalteng Masuk 10 Besar

  • 31 Maret 2016 - 15:51 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - RKPD (rencana kerja pembangunan daerah) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) mendapat apresiasi dari pemerintah pusat. Buktinya, RKPD Kalteng masuk dalam 10 besar nominasi Anugerah Pangripta Nusantara 2016.

Anugerah Pangripta Nusantara diberikan oleh Kementerian Negara Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) kepada pemerintah daerah yang memiliki RKPD berkualitas, komprehensif dan terukur. "Pemprov Kalteng masuk 10 besar dan akan dilakukan penilaian tahap 3 atau tahap akhir oleh tim penilai pusat pada 5 April 2016 mendatang," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kalteng, Siun Jarias.

Menurut Siun, selain Pemprov Kalteng, penilaian tahap pertama dan kedua juga diberikan pada RKPD kabupaten/kota di Kalteng. Satu kabupaten/kota terbaik, juga akan ditetapkan mewakili Kalteng untuk nominasi tingkat kabupaten/kota di tingkat nasional. Namun Siun tidak menyebutkan nama kabupaten tersebut.

Sementara Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kalteng, Herson B Aden menyatakan, ada 3 kabupaten yang mewakili Kalteng dalam 3 (tiga) nominasi pada Anugerah Pangripta Nusantara 2016. "Nama kabupaten dan berada dalam nominasi apa dalam anugerah Pangripta Nusantara memang belum bisa diungkap sekarang. Baru bisa diungkap saat Musrenbang Provinsi nanti," ucapnya pada Borneonews, Kamis (31/3/2016).

Herson menjelaskan penilaian Anugerah Pangripta Nusantara berdasarkan empat parameter dan 16 indikator. Di antaranya adalah konsistensi, ketepatan waktu, kesesuaian muatan RKPD dengan RPJMD dan RPJMN, mencakup usulan berbagai pihak, serta inovasi.

Sedangkan metode verifikasi yang digunakan adalah FGD (focus group discussion) dengan pemangku kepentingan di provinsi. FGD dimaksudkan untuk mencari tahu proses penyusunan RKPD apakah bersifat bottom up, top down, teknokratik, dan atau politik.

Tahun lalu, Daerah Istimewa Yogyakarta terpilih sebagai provinsi dengan kualitas RKPD terbaik. Di peringkat berikutnya ada Provinsi Kalimantan Timur, dan Provinsi Jawa Barat pada peringkat ketiga. "Mudah-mudahan semua perwakilan Kalteng dapat lolos penilaian tahap 3 atau yang terakhir dan bisa meraih penghargaan pada nominasi yang dikutinya," harap Herson. (Testi Priscilla/B-10)

Berita Terbaru