Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Bitung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pelajar Berkebutuhan Khusus Asal Barito Timur Juara I Lomba Membatik Tingkat Provinsi

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 07 Juli 2023 - 06:40 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Pelajar berkebutuhan khusus dari Sekolah Luar Biasa atau SLB Negeri Tamiang Layang Kabupaten Barito Timur bernama Serly Mega Pipiana meraih Juara I Lomba Kreatifitas Siswa Nasional (LKSN) Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) tingkat Provinsi Kalimantan Tengah yang digelar di Palangka Raya 3-6 Juli 2023.

Dengan predikat juara itu, Serly berhak mengikuti LKSN ABK tingkat nasional yang akan dilaksanakan beberapa bulan ke depan.

Anindya Tirta Pratama, guru yang mendampingi dan melatih Serly membatik menuturkan, siswi kelas IX tersebut merupakan tunarungu wicara. Serly adalah gadis yang rendah hati, mudah berteman dengan siapa saja dan sangat cepat tanggap baik pada bidang akademik maupun non akademik.

Dalam bimbingan Anindya, Serly memasukkan motif atau corak gunung perak ke dalam desain batik yang mengantarkannya meraih juara I LKSN Kalteng.

"Tema batik yang dilombakan dalam LKSN yaitu batik kontemporer, jadi kami memadukan antara motif gunung perak dan bunga anggrek," jelas Anindya saat diwawancarai, Kamis, 6 Juli 2023.

Sebelum menghadapi LKSN, Anindya membantu anak didiknya itu mempersiapkan alat dan bahan yang digunakan. Demikian juga saat pengerjaan dia tetap mendampingi untuk memberikan masukan agar hasil membatik Serly bagus.

Anindya pun berharap setelah meraih juara I di tingkat provinsi, pelajar yang berasal dari Desa Sumur itu semakin bersemangat untuk terus belajar serta mendapatkan predikat yang baik pada LKSN tingkat nasional.

Dia memuji prestasi Serly. Menurutnya, meski menyandang status disabilitas, Serly telah mengharumkan nama sekolah kebanggaannya dan nama Kabupaten Barito Timur.

"Semoga pencapaian Serly ini dapat menjadi inspirasi dan motivasi buat orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus maupun teman-temannya yang memiliki kondisi yang sama," kata Anindya. (BOLE MALO/H) 

Berita Terbaru