Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mojokerto Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator Kalteng ini Minta PBS Kelola Limbah dengan Baik

  • Oleh Donny Damara
  • 11 Juli 2023 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dalam rangka untuk menjaga keberlangsungan lingkungan agar tidak tercemar, Legislator Kalteng, Natalia meminta setiap PBS yang beroperasi di wilayah provinsi ini supaya dapat mengelola limbah dengan sebaik mungkin.

Pengelolaan limbah sangat penting dilakukan dengan baik, jangan sampai limbah yang dihasilkan dibuang sembarangan terlebih di sungai. Tentu, itu akan mengakibatkan pencemaran lingkungan yang berdampak negatif terhadap masyarakat.

"Terutama dari segi kesehatan, tidak hanya itu flora dan fauna yang ada di sungai juga akan merasakan dampaknya. Maka dari itu limbah harus dikelola dengan baik dan dibuang pada tempat yang sewajarnya jangan di lingkungan alam," ucapnya, Selasa, 11 Juli 2023.

Ia mengungkapkan, sejumlah PBS yang beroperasi di wilayah Kalteng masih ada yang nakal dan membuang limbah sembarangan terutama sungai. Hal ini tentunya sangat disayangkan sebab sungai masih menjadi tempat aktivitas masyarakat.

"Di Kalteng ini utamanya masyarakat di pedesaan itu masih menggunakan sungai sebagai tempat beraktivitas baik itu mandi maupun mencuci. Jika tercemar itu sangat berbahaya bagi kesehatan mereka, PBS harus bertanggung jawab atas apa yang dilakukan," ujarnya.

Dikatakannya bahwa, pihaknya pun sangat mendukung ada upaya pemberian sanksi tegas dari pemda terhadap PBS nakal yang membuang limbah sembarangan misalnya yang terjadi di Kabupaten Gumas belum lama ini. Pemberian sanksi perlu dilakukan untuk memberikan efek jera terhadap perusahaan tersebut.

"PBS itu wajib menjaga kelestarian lingkungan disekitarnya dan mengikuti aturan yang berlaku. Apabila melanggar kita mendukung pemda memberikan tindakan tegas berupa sanksi berat. Jadi kita minta setiap PBS itu harus taat aturan," tandasnya. (DONNY D/H)

Berita Terbaru