Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Bandung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pasukan Kuning Berperan Besar pada Raihan Adipura

  • 01 April 2016 - 22:08 WIB

Keberhasilan Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) meraih Piala Adipura sembilan kali berturut-turut tidak lepas dari peran petugas kebersihan atau lazim disebut pasukan kuning. Meski mereka digaji oleh Pemkab Kobar namun kerja keras mereka membersihkan jalanan dan setiap sudut kota Pangkalan Bun punya pengaruh besar pada raihan Adipura.

Demikian disampaikan Pengawas Kebersihan Pasar Indra Sari Noor Asykin saat ditemui Borneonews di sela-sela kegiatan pembersihan lingkung'an Pasar Indrasari, Jumat (1/4/2016).

'Kami bekerjasama, bergotong royong, 17 orang petugas kebersihan pasar Indra Sari, tetapi pada saat gotong royong membersihkan sampah dilakukan oleh 38 orang petugas kebersihan karena dibantu petugas kebersihan dari pasar lain bahkan, dari Kumai pun ikut bergabung untuk bergotong royong di pasar Indra Sari tepatnya di area yang bekas terjadi kebakaran,' kata Asykin.

Ia melanjutkan kegiatan gotong royong membersihkan pasar ini dilakukan setiap hari Jumat. Selain membersihkan lingkungan pasar, petugas kebersihan juga memberikan sosialisasi kepada pedagang agar tidak membuat sampah sembarangan. 'Masalah kebersihan tanggung jawab bersama baik pedagang maupun petugas kebersihan, jadi harus dijaga,' kata dia.

Asykin mengaku sangat bangga, hasil jerih payahnya bersama rekan-rekannya petugas kebersihan pasar berbuah Adipura. Oleh karena itu, ia berharap kebersihan pasar bisa menjadi kesadaran dan tanggung jawab bersama tidak hanya para petugas kebersihan namun juga pedagang, para pengunjung pasar dan seluruh lapisan masyarakat.

Sebelumnya, Berdasarkan rapat kordinasi (Rakor) Adipura se-Kalimantan Tengah, tim penilai tahap pertama (P1) Adipura bakal melakukan penilaian di Kalimantan Tengah pada tanggal 4 April 2016 mendatang. Menurut Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Fahrizal Fitri beberapa titik pantau yang disiapkan antara lain Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang mempunyai poin tertinggi yakni 11 poin. Setelah itu pasar dan sejumlah fasilitas umum lain seperti terminal, pelabuhan dan bandara. (CR-1/B-8)

Berita Terbaru