Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bulukumba Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Harganas Jadi Momentum Penurunan Stuntingdi Lamandau !

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 21 Juli 2023 - 17:20 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik – Wakil Bupati Lamandau Riko Porwanto berharap peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) tahun 2023 ini dijadikan sebagai momentum tepat untuk upaya penguatan peran keluarga dalam mempercepat menurunkan prevalensi stunting di daerah setempat.

“Dalam upaya percepatan penurunan stunting, keluarga memiliki peranan yang sangat penting terutama dalam memberikan praktik pengasuhan yang baik dan menciptakan lingkungan sanitasi yang memenuhi standar kesehatan,” kata Wabup Riko di Nanga Bulik, Jumat, 21 Juli 2023.

Menurut dia, penyelenggaraan Peringatan Hari Keluarga Nasional tahun 2023 ini menjadi momentum yang tepat dalam penguatan komitmen bersama bagi seluruh lapisan masyarakat dalam upaya penguatan peran keluarga dalam percepatan penurunan stunting.

Ia menjelaskan, stunting yang merupakan gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang dan stimulasi lingkungan yang kurang mendukung, ditandai dengan panjang atau tinggi badan anak berada di bawah standar.

“Kondisi ini masih menjadi persoalan bagi Indonesia saat ini, tak terkecuali di Kabupaten Lamandau,” bebernya.

Berdasarkan survei Studi Status Gizi Indonesia (SSGI), angka prevalensi stunting pada tahun 2022 berada pada angka 21,6 persen. Angka ini menunjukkan satu dari lima anak di Indonesia mengalami stunting atau gangguan pertumbuhan akut.

“Oleh sebab itu, peningkatan pengetahuan dan pemahaman keluarga serta komunitas berperan penting untuk pencegahan stunting dan mempersiapkan anak agar tumbuh kembang optimal menjadi generasi maju,” ujarnya.

Berbagai upaya perlu dilakukan untuk penguatan peran keluarga dalam percepatan penurunan stunting, guna mencapai target prevalensi stunting 15,38 persen di tahun 2024, hal ini harus dilakukan bersama-sama dengan mengintervensi langsung kepada anak-anak stunting.

“Momentum Hari Keluarga Nasional 2023, diharapkan dapat menjadi daya ungkit keberhasilan program dan penguatan komitmen bersama menurunkan stunting,” tandasnya.

(HENDI NURFALAH/Y)

Berita Terbaru