Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tuntutan Plasma 20 Persen HGU pada PT BJAP Disetujui, Gema Aruta Sampaikan Apresiasi

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 25 Juli 2023 - 21:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Setelah melalui proses yang cukup panjang, akhirnya perjuangan masyarakat Kecamatan Arut Utara yang tergabung dalam Gerakan Bersama Masyarakat Arut Utara (Gema Aruta) dalam menuntut plasma 20 persen dari izin HGU dari PT BJAP, kini disetujui.

Hasil baik tersebut disampaikan usai Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat menggelar pertemuan antara Gema Aruta dengan pihak manajemen PT BJAP di Ruang Rapat Setda Kobar, Selasa, 25 Juli 2023.

Salah satu tokoh masyarakat Arut Utara Murni menyampaikan apresiasi kepada semua pihak terkait karena telah difasilitasi, sehingga tuntutan masyarakat di 6 desa dan 1 Kelurahan di Kecamatan Arut Utara ini dapat disepakati hari ini.

"Tuntutan masyarakat terkait Plasma 20 persen dari HGU itu sudah dipenuhi semua. Maka kami menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada pihak Pemda Kobar dan juga pihak Manajemen PT BJAP yang sudah merealisasikan tuntutan kami, ini kami merasa sangat luar biasa," ujarnya.

Ia melanjutkan bahwa setelah mendapat respon positif dari manajemen PT BJAP 1, 2 dan 3, maka Pemkab Kobar membentuk tim terpadu untuk mempercepat proses perealisasian kepada masyarakat.

"Pak Pj Bupati menunjuk Asisten 1, untuk membentuk tim terpadu guna percepatan, salah satunya pembentukan kelembagaan koperasi dan calon petani," sebutnya.

Adapun masyarakat yang mengajukan tuntutan plasma 20 persen HGU PT BJAP ini terdiri atas masyarakat dari 6 desa dan 1 kelurahan.

"Untuk luasan lahan HGU PT BJAP yang masuk di 6 desa dan satu kelurahan ini belum dapat disebutkan oleh Dinas terkait, sehingga kita juga belum dapat menyebutkan berapa nanti luasan lahan plasma yang harus kita terima," sebutnya. (DANANG/Y)

Berita Terbaru