Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tuntutan Masyarakat Aruta Pada PT BJAP Dipenuhi, Pemkab Kobar dan Masyarakat Segera Bentuk Tim Terpadu

  • Oleh Wahyu Krida
  • 25 Juli 2023 - 23:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Setelah melalui pertemuan yang mempertemukan antara masyarakat Kecamatan Arut Utara (Aruta) dan manajemen PT Bangun Jaya Alam Permai (BJAP) yang difasilitasi oleh Pemkab Kotawaringin Barat (Kobar), Selasa, 25 Juli 2023, akhirnya diperoleh kesepakatan bahwa pihak perusahaan bakal memberikan kebun plasma sebesar 20 persen bagi masyarakat 8 desa sekitar perkebunan tersebut.

Pj Bupati Kobar Budi Santosa, usai digelarnya pertemuan tersebut mengatakan, untuk mempercepat realisasi pemberian kebun plasma bagi masyarakat tersebut, bakal dibentuk tim terpadu.

"Tim terpadu tersebut selain diisi oleh perwakilan Pemkab Kobar juga oleh tokoh masyarakat Kecamatan Aruta. Sehingga saat ini kami terus mendorong percepatan terbentuknya tim ini. Kemudian hal lainnya akan ditata lebih lanjut," jelas Pj Bupati.

Pj Bupati juga memerintahkan pada Asisten 1 Bupati untuk segera menyampaikan pada pihak terkait bahwa dalam tim terpadu tersebut wajib diisi oleh Kades, Sekdes dan Kasi Pemerintahan Desa.

"Tadi juga ada saran dari Wakil Ketua II DPRD Kobar, bahwa dalam tim terpadu tersebut juga harapannya juga diisi oleh perwakilan tokoh masyarakat dan agama di Kecamatan Aruta. Paling penting jumlahnya ganjil yaitu berjumlah 9 tim dari masing-masing desa," jelas Pj Bupati.

Hal ini menurut Pj Bupati, sebagai bentuk antisipasi dikemudian hari adanya potensi penyampaian informasi yang tidak benar.

"Kami kira, adanya perwakilan 9 orang dari tiap desa, sudah cukup bagus, terkait  informasi yang didapatkan dan disampaikan pada masyarakat. Karena proses penyelesaian masalah dengan cara musyawarah mufakat yang dilakukan hari ini bisa dianggap menjadi salah satu contoh bagus di Provinsi Kalteng," jelas Pj. Bupati.

Saat ditanyakan apakah ada tenggat waktu penyelesaian penyerahan kebun plasma bagi masyarakat ini, menurut Pj Bupati, hal tersebut tergantung kecepatan dari pembentukan tim terpadu tersebut.

"Jelas tadi saya minta pada Asisten 1 Bupati bahwa sebelum adzan subuh hari Sabtu, 29 Juli 2023 Surat Keputusan (SK) Tim Terpadu ini sudah harus ada di meja kerja saya. Sekcam Aruta tadi juga sudah saya tekankan agar hari Kamis, 27 Juli 2023 data-data anggota Tim Terpadu dari tiap desa sudah harus masuk. Karena kita harus kerja cepat," jelas Pj Bupati.

Untuk itulah, lanjut Pj Bupati, untuk mempercepat penyelesaian masalah ini pihaknya juga meminta peran aktif dan keterlibatan dari tokoh masyarakat Kecamatan Aruta.

"Jangan sampai nantinya data-data yang diberikan cepat, namun tidak tepat terkait siapa saja yang bakal mengisi tim terpadu tersebut," jelas Pj Bupati. (WAHYU KRIDA/Y)

Berita Terbaru