Aplikasi Pemetaan Suara & Manajemen Pemenangan Pilkada

IT Konsultan Terbaik Indonesia

PT Rostana: Pertamina Perketat Penjualan Elpiji 3 Kilogram

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 28 Juli 2023 - 08:00 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Manajemen PT Rostana Ratu Nagasari sebagai salah satu agen penyalur elpiji 3 kilogram di Kabupaten Barito Timur menjelaskan, sejak awal Juli 2023 PT Pertamina (Persero) memperketat penjualan elpiji 3 kilogram bersubsidi.

Penjelasan tersebut untuk menjawab keluhan pengguna elpiji 3 kilogram yang mengaku sulit mencari gas bersubsidi itu di kios atau warung.

"Jadi sebenarnya kelangkaan yang dikeluhkan masyarakat beberapa hari terakhir itu mungkin karena kewajiban menggunakan KTP (Kartu Tanda Penduduk) saat membeli elpiji 3 kilogram di pangkalan. Kalau pendistribusian dari kami ke pangkalan-pangkalan yang ada tetap lancar sesuai jadwal dan kuota," ungkap Manajer Operasional PT Rostana Ratu Nagasari Untung Basuki, di Tamiang Layang, Kamis, 27 Juli 2023.

Dia melanjutkan, dengan aturan pembelian menggunakan KTP tersebut, tidak sembarang orang dapat membeli gas bersubsidi di pangkalan apalagi untuk dijual kembali di kios-kios.

"Data pembeli harus diinput ke Merchantapps Pertamina sehingga benar-benar hanya mereka yang berhak saja yang membeli gas bersubsidi dan pembelian hanya bisa dilakukan di pangkalan," terang Basuki.

Karena itu, menanggapi masyarakat di Kota Tamiang Layang dan sekitarnya yang mengeluh tentang kelangkaan elpiji 3 kilogram, Basuki menyarankan untuk membeli langsung ke pangkalan terdekat dengan membawa KTP.

"Di setiap desa ada paling kurang satu pangkalan, dan di Kota Tamiang Layang juga cukup banyak pangkalan, masyarakat bisa membeli langsung di sana," sarannya.

Diketahui, terdapat tiga perusahaan yang menjadi agen penyalur gas elpiji 3 kilogram di Barito Timur, perusahaan dimaksud yaitu PT Barito Utama Sakti yang membawahi 62 pangkalan, PT Prima Selaras Makmur 46 pangkalan dan PT Rostana Ratu Nagasari yang membawahi 20 pangkalan. (BOLE MALO/J)

Berita Terbaru