Software Monitoring dan Evaluasi Pemenangan Pilkada 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pengunjung RSUD Sultan Imanuddin Wajib Cuci Tangan

  • 05 April 2016 - 18:37 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun saat ini menyediakan beberapa wastafel di selasar. Para pengunjung yang masuk dan keluar lingkungan RSUD wajib mencuci tangan pada tempat yang telah tersedia.

Menurut Direktur RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun dr Suyuti Syamsul, Selasa (5/4/2016) menjelaskan alasan pihaknya menyediakan  wastafel di selasar RSUD.

"Karena tangan manusia merupakan bagian tubuh yang paling rentan menjadi sarana penularan penyakit. Hal ini terjadi lantaran tangan kita digunakan untuk menyentuh saat berinteraksi dengan orang lain. Misalnya saat dua orang bertemu lalu mereka bersalaman," jelasnya.

Ia menjelaskan, bila salah seorang yang bersalaman tersebut menderita penyakit mata dan orang tersebut kemudian mengucek matanya sendiri, penyakit mata yang dideritanya bisa menular kepada orang lain dengan cara bersalaman. 

'Kemudian orang yang masih sehat juga mengucek matanya. Hal ini terjadi bila cuci tangan tidak dilakukan," jelasnya.

Saat ini, lanjutnya, pihaknya masih melakukan sosialisasi terhadap kewajiban cuci tangan saat masuk dan keluar lingkungan RSUD. 

"Kemungkinan sekitar tiga bulan kedepan, aturan ini dijadikan kewajiban bagi para pengunjung RSUD. Nantinya ada penjaga yang khusus ditempatkan untuk mengingatkan paengunjung agar melakukan kegiatan cuci tangan di jalur masuk dan keluar pengunjung RSUD," jelasnya. (WAHYU KRIDA/m)

Berita Terbaru