Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Purbalingga Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Barito Timur Ajak Masyarakat Perkuat Program Cegah Narkoba

  • Oleh ANTARA
  • 03 Agustus 2023 - 10:00 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Pemerintah Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk memperkuat berbagai program pencegahan penyalahgunaan narkoba masuk ke lingkungan pelajar.

"Kita bersama-sama harus mencegahnya. Jangan sampai anak-anak kita selaku generasi muda terjerumus baik penyalahgunaan maupun peredaran gelap narkotika,” kata Wakil Bupati Barito Timur Habib Said Abdul Saleh Al Qadri pada sosialisasi pencegahan penyalahgunaan narkoba bagi pelajar di Tamiang Layang, Rabu.

Menurut dia, pihaknya melalui Badan Narkotika Kabupaten (BNK) bekerja sama dengan Satuan Reserse Narkotika, Psikotropika dan Obat Berbahaya(Satresnarkoba) Polres Barito Timur terus membentengi masuknya narkoba ke kabupaten setempat.

Masuknya narkoba ke wilayah Barito Timur, kata dia, pada umumnya melalui jalur darat karena berbatasan langsung dengan wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur.

“Masuknya lewat jalur darat, BNK melakukan pencegahan dan Satresnarkoba Polres Barito Timur melakukan penindakan. Hal ini dilakukan untuk menekan angka penyalahgunaan narkoba di wilayah Gumi Jari Janang Kalalawah,” terangnya.

Dia juga mengingatkan para pelajar tingkat SMA se-Kabupaten Barito Timur untuk tidak mencoba bahkan terjerumus dalam penyalahgunaan narkoba.

Menurutnya banyak dampak negatif yang ditimbulkan dari penyalahgunaan narkoba, tidak hanya bagi individu yang terlibat tetapi juga bagi keluarga dan masyarakat sekitar.

“Terlibat dalam penyalahgunaan narkoba ada hukumannya. Hal tersebut diatur dalam Undang Undang Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika,” kata Habib Saleh yang juga Ketua BNK Barito Timur.

Dia menyatakan komitmennya untuk terus memperkuat program pencegahan penyalahgunaan narkoba di kalangan pelajar melalui pendekatan pendidikan dan sosialisasi yang edukatif.

"Dalam pencegahan pelajar, maka wajib juga adanya peran aktif keluarga, sekolah, dan seluruh elemen masyarakat dalam mendukung upaya pencegahan maupun rehabilitasi bagi yang terjerat dalam masalah narkoba," jelas Habib Saleh.

ANTARA

Berita Terbaru