Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kesenian Daerah Semarakkan Penutupan Porprov Kalteng 2023 di Kotim

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 06 Agustus 2023 - 06:41 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Berbagai kesenian daerah memeriahkan penutupan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XII Kalimantan Tengah (Kalteng) yang digelar di Stadion 29 Nopember Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Sabtu, 5 Agustus 2023.

Kesenian daerah tersebut diawali penampilan seni tarian barongsai. Sebanyak 6 tokoh singa mitologi itu meliuk-liuk diiringi alunan tambur, lin dan jik yang enerjik. Tarian itu melibatkan 14 orang yang bekerja sama menyajikan pertunjukan yang apik. 

Dilanjutkan sajian tari reog ponorogo. Ada 2 penari menyajikan pertunjukan menggunakan topeng kepala singa dikelilingi bulu merak dengan ukuran besar.

Mereka diiringi penari latar yang menyuguhkan tarian reog khas dengan alunan kendang dan serulingnya. 

Kemunculan tokoh-tokoh mitologi suku dayak pun disajikan dengan kepulan asap membumbung di depan panggung kehormatan. Diawali Bahuntai Anjing Gaib, Pangeran Burung, dan Rusa Menjangan. 

Sajian kesenian daerah itu pun ditutup dengan tarian manasai bersama. Wakil Gubernur Edy Pratowo dan Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor ambil bagian dalam tarian itu.

Seluruh rangkaian upacara penutupan tersebut disaksikan ribuan penonton yang memadati Stadion 29 Nopember.

Tribun penonton penuh begitupun area lapangan. Meski berjejalan ribuan penonton,  penutupan Porprov XII Kalteng 2023 tetap berjalan aman, tertib dan kondusif. 

"Ini menunjukkan dengan budaya dan olahraga kita bersatu dan bangkit bersama," kata Panitia Penyelenggara Porprov XII Kalteng Raihansyah. (DEWI PATMALASARI/R)

Berita Terbaru