Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bangka Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Paskibraka Kotim Tak Hanya Belajar PBB Saat Pemusatan Latihan

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 07 Agustus 2023 - 07:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Paskibraka Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) tidak hanya belajar baris-berbaris saat pemusatan latihan.

"Materi kelas yang akan diberikan kepada mereka seperti Selayang Pandang Kotim yang telah disampaikan bupati. Karena penting generasi muda harus tahu kekuatan kekuatan dan potensi yang dimiliki daerah ini," kata Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kotim Sanggul Lumban Gaol, Minggu, 6 Agustus 2023.

Pemusatan latihan paskibraka Kotim akhirnya dibuka meski terlambat dari tahun-tahun sebelumnya karena ada gelaran Porprov Kalteng 2023. Pembukaan tersebut dilaksanakan di Aula Balai Diklat Aparatur SDM Kabupaten Kotim Jalan Cilik Riwut Km 3 Sampit.

Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor berkesempatan menyampaikan selayang pandang mengenai daerah ini saat pembukaan pemusatan pelatihan itu. Turut hadir Ketua DPRD Rinie dan Sekretaris Daerah Fajrurrahman.

Sanggul mengatakan, keterlambatan itu tidak menjadi masalah karena mereka ini sudah dilatih sepekan tiga kali dalam 2 bulan ini.

"Jadi sudah kita bekali lalu masuk ke pemusatan latihan tinggal pembentukan formasi saja. Saya kira tidak ada hambatan," ujarnya. 

Paskibraka Kotim juga akan mendapatkan pendidikan kepribadian. Badan Kesbangpol Kitim bekerja sama dengan beberapa orang dari perguruan tinggi untuk memberikan materi tentang kepribadian, kedisiplinan, dan psikologi.

"Juga termasuk di dalamnya adalah wawasan kebangsaan karena itu penting kita takut terjadinya degradasi penurunan cinta terhadap bangsa. Oleh karena itu dari anak-anak kita harus tahu betul paham betul tentang itu," tandasnya. 

Sehingga pelatihan baris-berbaris hanya sekedar untuk kegiatan-kegiatan di lapangan. Tetapi dari segi mental, wawasan, dan intelegensi turut digembleng sehingga Paskibraka menjadi putra-putri Kotim terbaik.

Berita Terbaru