Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Surakarta Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Polres Katingan Amankan Pelaku Korupsi Dana Bantuan Peremajaan Sawit

  • Oleh Pathur Rahman
  • 08 Agustus 2023 - 14:10 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Satuan  Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Kabupaten Katingan mengamankan dua pelaku korupsi dana bantuan peremajaan sawit yaitu tersangka Y dan Ir Y.

Kapolres Katingan AKBP I Gede Putu Widyana menyampaikan, kedua pelaku ini diketahui bekerja sama dalam pengadaan dana bantuan peremajaan sawit di Kecamatan Mendawai Kabupaten Katingan.

Pelaku Y yang merupakan ketua kelompok tani Rahayu Mandiri ini, mengajak empat kelompok tani untuk mengajukan bantuan peremajaan sawit,  di mana bantuan tersebut ditangani oleh mantan kepala dinas pertanian Ir Y.

"Mereka berdua ini kerja sama dalam hal pencairan bantuan sebear Rp 27 Miliar, si Y mengajukan lima nama kelompok tani dan si Ir Y membuat dokumen fiktif surat rekomendasi bahwa lima kelompok tani tersebut layak menerima bantuan," katanya, Selasa, 8 Agustus 2023.

Lebih lanjut pria dengan pangkat dua melati dipundaknya ini mengungkapkan, padahal berdasarkan hasil penyelidikan kelima kelompok tani tersebut padahal tidak layak surveinya untuk menerima bantuan.

"Dari kedua tersangka kami mengamankan barang bukti uang berupa Rp 17 Miliar dan ada dua laptop satu komputer beserta dengan berkas - berkas rekomendasi fiktif yang dibuat oleh pelaku Ir Y" pungkasnya. (PATHUR/J)

Berita Terbaru