Aplikasi Software Pilkada Terbaik di Indonesia

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketua PWI Pusat Terima Gelar Adat Dayak Tomun

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 10 Agustus 2023 - 20:50 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023 tingkat Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) terasa istimewa karena dihadiri langsung oleh Ketua Umum (Ketum) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, Atal S Depari.

Kehadiran orang nomor satu di PWI itu disambut dengan tradisi Nota Garung Pantan di halaman Rumah Jabatan (Rujab) Bupati Lamandau dan dilanjutkan acara Pemberian Gelar oleh Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Lamandau.

Prosesi pemberian gelar (Penggolaran) adat yang digelar di Aula Rujab Bupati Lamandau itu dipimpin oleh Kerapatan Adat DAD Lamandau. Sebagai bentuk penghormatan, Ketua Umum PWI, Atal S Depari diberi Gelar Adat Omas Pena Setia Jaya.

Diketahui, tamu kehormatan diberi gelar adat oleh DAD dengan harapan penerima golar (gelar) dapat menjaga perilaku dan martabat secara bertanggung jawab dalam penggunaannya, sehingga memberikan dampak positif terhadap pengembangan Adat istiadat di wilayah masyarakat adat dayak Kabupaten Lamandau.

Bupati Lamandau Hendra Lesmana yang juga Ketua DAD Kabupaten Lamandau dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Ketum PWI yang telah datang ke Bumi Bahaum Bakuba dalam rangka peringatan HPN tahun 2023 tingkat Provinsi Kalteng.

“DAD Lamandau memutuskan untuk memberikan Golar Adat ini, ada sisipan doa pada prosesnya, semoga kebaikan selalu menyertai Bapak Atal S Depari, dan mendapatkan kesan yang baik dari masyarakat Lamandau,” ungkap Hendra di Nanga Bulik, Kamis, 10 Agustus 2023.

Bupati menambahkan, kegiatan HPN tingkat Provinsi Kalteng yang dilaksanakan di Lamandau bertepatan dengan penyelenggaraan Festival Budaya Babukung tahun 2023.

“Hal itu dengan tujuan agar khalayak dan para undangan bisa menyaksikan keindahan dan keragaman budaya di Kalteng, khususnya di Kabupaten Lamandau,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Ketum PWI, Atal S Depari mengaku bahagia dapat berkunjung ke Lamandau, serta  bangga dan senang mendapatkan gelar adat dari DAD Lamandau. Ia mengaku bahagia dan terharu, karena merasa memiliki saudara di Kabupaten Lamandau.

“Mari kita terus lestarikan adat budaya ini, sekali lagi saya mengucapkan terimakasih kepada semua masyarakat di Lamandau, karena saya sudah menerima gelar adat,” pungkasnya. (HENDI NURFALAH/J)

Berita Terbaru