Posal Kumai Diajukan Jadi Pangkalan TNI AL

  • 14 Januari 2015 - 18:51 WIB

POS TNI Angkatan Laut (Posal) Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah diusulkan naik status menjadi Pangkalan TNI AL (Lanal). Peningkatan status Posal Kumai itu, demi mempermudah dukungan bagi operasi kapal-kapal TNI AL di perairan laut selatan pulau Kalimatan.

“Secara geografis Kabupaten Kobar memiliki perairan laut strategis untuk dibangun Lanal. Kami telah mengajukan usulan peningkatan status Posal Kumai, menjadi Lanal,” kata Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Banjarmasin, Kolonel Laut (P), Haris Bayu Bima Seto kepada Borneonews. di sela pemantauan evakuasi korban AirAsia QZ8501, di Pangkalan TNI Angkata Udara Iskandar, Pangkalan Bun, Selasa (13/1).

Selama ini, wilayah Kalteng memang tidak memiliki Lanal. Lanal di pulau Kalimantan, berada di Banjarmasin, Kota Baru, Tarakan dan Pontianak. Sejumlah Posal yang terdapat di beberapa titik di Kalteng, termasuk Posal Kumai, berada di bawah komando atau masuk wilayah Lanal Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

“Seperti saat ini misalnya, KRI kita terlalu jauh kalau harus ke Banjarmasin atau Pontianak, untuk mengisi bahan bakar, logistik dan lain-lain. Saya setuju ada Lanal di sini. Apalagi didukung pemerintah daerah,” kata Bima Seto.

Terdapat empat tipe Lanal, A, B, C dan D. Sebagai permulaan, Posal Kumai yang hanya berisikan tiga personel, akan ditingkatkan menjadi Lanal tipe D. Sebelum nantinya naik menjadi Tipe C atau B. Untuk D, Lanal di Kumai nanti dikomandani perwira TNI AL berpangkat Mayor.

“Kalau Tipe C Letkol, Tipe B Kolonel dan Tipe A atau bisa disebut Lantamal (Pangkalan Utama AL) dikomandani bintang satu. Yang penting sarana prasarananya siap,” katanya.

Sebelumnya, anggota Komisi IV DPR RI Hamdhani sempat membawa usulan pentingnya pemerintah pusat lebih memperhatikan kawasan perairan dan Pelabuhan Panglima Utar, Kecamatan Kumai, Kobar. Dalam rapat paripurna DPR, Senin (12/1), anggota dewan asal Kalteng itu, sempat mengusulkan pentingnya mewujudkan Pangkalan TNI AL di Kobar.

“Ya, mengingat posisi strategis wilayah itu bagi pelayaran angkutan penumpang dan barang, serta aktivitas perikanan. Kumai layak jadi Lanal, selain sebagai bagian dari program Poros Maritim nasional,” kata Ketua DPP Partai NasDem bidang Otonomi Daerah itu. (RD/B-1).


TAGS:

Berita Terbaru