Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Badan Otoritas Flores Ikon Komodo Labuan Bajo

  • 07 April 2016 - 17:19 WIB

BORNEONEWS, Labuan Bajo - Nama Komodo dan Labuan Bajo sudah mendunia. Mamalia langka yang oleh warga Flores sering dinamai "buaya darat" itu pernah masuk nominasi Seven Wonder World dan sukses merebut perhatian publik. Kini Labuan Bajo masuk dalam program percepatan 10 top destinasi Kementerian Pariwisata. 

Action awal, tim Pokja 10 Top Destinasi yang diketuai Hiramsyah Sambudhy Thaib itu adalah menggelar FGD --Focus Group Discussion-- yang menghadirkan pemangku kepentingan dan stakeholder setempat. Shana Fatina, anggota tim 10 Top Destinasi itu mengkoordinasi FGD, 5 April lalu di Sebayur Room, Luwansa Hotel. 

Targetnya 

"Integrated Planning untuk pengelolaan ekowisata Flores. Menajamkan komitmen Pemda, Taman Nasional, dan stakeholer untuk mendukung pembentukan single management, singlr destination, dalam mengelola destinasi wisata flores. Lalu, Pembentukan tim percepatan daerah," jelas Shana Fatina. 

Dalam kata sambutannya Bupati Manggarai Timur Yoseph Tote meyakinkan bahwa sektor wisata harus digenjot agar menaikkan pertumbuhan ekonomi lokal. Harus tersistem, terukur, dan berkelanjutan. 

"Labuan Bajo sebagai pusat pengembangan destinasi Flores diharapkan dapat menghidupkan industri lokal dengan segera," ucap Bupati Tote. 

Tote juga menyebutkan, pariwisata Flores memiliki nuansa dan prinsip eko, melestarikan lingkungan. Sayang, Bupati Manggarai Barat berhalangan hadir di FGD itu. Tapi sebetulnya Manggarai Barat, Manggarai, dan Manggarai Timur memiliki akar budaya yang sama karena memang dulu satu kabupaten.

Sementara itu, Frans Teguh, Asisten Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Kemenpar mengungkapkan, pihaknya berkewajiban membangun ecosystem ekowisata Flores yang berkelanjutan. Lalu memperhitungkan carrying capacity dan distribusi wisatawan. 

"Atraksi pariwisata Flores itu sudah berkelas dunia, tapi Aksesibilitas dan Amenitas masih kelas lokal. Itulah yang akan kita carikan solusinya," ungkap Frans. 

Badan Otorita, kata dia, adalah akselerator pembangunan kawasan pariwisata Flores yang bersifat borderless, sehingga bisa saling terhubung antar kabupaten. Komitmen Pemda dibutuhkan dalam bentuk penyediaan lahan clean and clear dan membangun forum koordinasi untuk membuat Rule of Games bersama.

"Tentu untuk membangun budaya hospitality pariwisata, dibutuhkan SDM dari masyarakat Flores yang lebih banyak. Juga untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan warga. Karena itu, di sini akan segera dibangun Sekolah Tinggi Pariwisata Negeri untuk menyiapkan SDM lokal," ungkap dia. 

Sekretaris Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Alam dan Jasa ' Kemenko Bidang Maritim, Tito Setyawan, menambahkan, saat ini sudah resmi 169 negara yang bebas visa kunjungan ke RI. Dia mengingatkan untuk memperbaiki sistem keamanan turis yang masuk ke Indonesia. Dia yakin, kesadaran masyarakat Labuan Bajo dan Flores sudah sangat tinggi untuk bersama-sama menjaga keamanan. 

Badan Otorita Pariwisata (BOP) ini, kata Tito, bersifat otoritatif dan koordinatif. Otoritatif terhadap kawasan yang ditangani BOP, sebagai pendorong kemajuan. Koordinatif dengan semua stakeholder, antarkabupaten, antardaerah, agar memiliki komitmen yang sama untuk tujuan percepatan dan pembangunan pariwisata yang berkelanjutan. 

Persyaratan utama BOP ini, kata dia, adalah ketersediaan lahan oleh Pemda. "Flores adalah pariwisata berbasis alam dan lingkungan, jadi perlu diperhitungkan carrying capacity," katanya.

Sisi lain disampaikan Tachrir Fathoni, Dirjen Konservasi SDA dan Ekosistem - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Menurut dia, perlu koordinasi dan sistem integrasi pengelolaan Taman Nasional Komodo dengan Kab Manggarai Barat, dan destinasi Flores lainnya. Juga harus melibatkan lintas kementrian dengan peran yang beragam. 

"Flores memiliki potensi kearifan lokal yang berskala dunia, seperti puar (inti), pong (sumber air), dan lingko (sistem pembagian sawah sarang-laba-laba)," kata dia. 

Tachrir berpendapat, saat ini perlu dilakukan riset berkelanjutan mengingat objek wisata TNK adalah vital. "Saya setuju, perlu diperhitungkan carrying capacity. Harus berwawasan pelestarian dan konservasi, untuk menjaga agar objek wisata ini terjamin juga masa depannya," kata dia yang langsung mendukung lahirnya BOP itu. 

Menteri Pariwisata Arief Yahya yakin, BOP Labuan Bajo dengan ikon Komodo di NTT akan cepat selesai, karena wilayah ini sudah merasakan dampak pariwisata terhadap ekonomi masyarakat lebih terasa. Critical success nya juga sudah jelas di depan mata, akses dan amenitasnya yang harus dipercepat. 

"Kalau soal atraksi, jangan ditanya! CNN International travel sudah menempatkan Labuan Bajo sebagai peringkat dua snorkel site terbaik dunia setelah Raja Ampat, mengalahkan Kepulauan Galapagos," ujar Menpar Arief Yahya. 

Labuan Bajo makin ngetop, setelah artis Hollywood Gwyneth Paltrow, peraih Oscar sebagai Aktris Terbaik lewat film Shakespeare in Love itu testimoni soal Komodo. Saat diwawancara eksklusif dengan Shivani Vora, wartawan New York Times, Gwyneth jujur menjawab bahwa destinasi liburan favoritnya adalah Indonesia. Persisnya, naik kapal kayu dari Bali-Labuan Bajo, menyusuri pulau-pulau cantik, pasir putih, lautan jernih, dan biota laut yang tak ada duanya di dunia. 

"Labuan Bajo lagi dapat angin bagus, di-endorse oleh bintang film dunia melalui situs New York Times, Maret 2016. 

Gwyneth juga menulis dalam website gaya hidup pribadinya, Goop.com. Cerita liburan dan foto-fotonya bahkan tak ragu dipajang Gwyneeth di http://goop.com/indo-mag/. Ini promosi yang luar biasa buat Labuan Bajo, karena itu percepatan pembangunan di sana harus dikebut," ujar ahli marketing mantan Dirut PT. Telkom itu. (m)

Berita Terbaru