Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nunukan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih Diharapkan Tingkatkan Kesadaran Bela Negara

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 13 Agustus 2023 - 20:50 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun – Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) pada Minggu, 13 Agustus 2023, diharapkan meningkatkan kesadaran bela negara dan terus meningkatkan wawasan kebangsaan.

Gerakan ini juga diharapkan dapat melahirkan insan-insan Indonesia yang memiliki nilai integritas dalam berfikir, nilai etos kerja dalam bertindak dan kegotongroyong dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dalam kegiatan itu, Pemkab Kobar membagikan bendera merah putih secara gratis kepada masyarakat. Secara seremonial, kegiatan tersebut dirangkai dalam kegiatan Festival Merah Putih dan Parade Kebangsaan.

Plh Sekda Kobar, Juni Gultom saat menyampaikan pesan dari Mentri Dalam Negeri (Mendagri) mengatakan bahwa bendera merah putih tidak hanya sebagai simbol, tetapi sebagai pemersatu bangsa negara kesatuan Republik Indonesia, dari Sabang sampai Merauke.

"Tidak banyak negara yang bertahan puluhan tahun menjadi negara kesatuan, dan Indonesia dengan ribuan suku dan bahasa mampu bertahan sampai saat ini yang ke 78 tahun, hingga nanti masa yang akan datang, NKRI Harga Mati," kata Juni Gultom.

Untuk itu, semangat dalam merawat rasa nasionalisme dan patriotisme harus selalu dijaga. Ia melanjutkan, bendera negara sang Merah Putih merupakan simbol jati diri bangsa dan identitas negara kesatuan Republik Indonesia. Simbol tersebut menjadi cerminan kedaulatan negara di dalam tanda pergaulan dengan negara lain dan menjadi cerminan kemandirian dari eksistensi Indonesia sebagai negara yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

"Pada setiap tanggal 17 Agustus, kita memperingati hari ulang tahun Republik Indonesia. Dan tahun ini kita memperingati yang ke 78, dengan tema 'Terus Melaju Untuk Indonesia Maju," ungkapnya.

Dia mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Kotawaringin Barat untuk mencapai Indonesia maju, menjaga keutuhan bangsa dengan terus mempraktekan dalam kehidupan rasa toleransi, merawat perbedaan dan tidak mempermasalahkan perbedaan.

Sementara itu, berdasarkan laporan dari panitia pelaksana yang juga sebagai Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Kobar Edie Faganti menyampaikan, pelaksanaan gerakan pembagian bendera melibatkan seluruh elemen masyarakat.

"Untuk di wilayah Kecamatan Arsel bendera dikumpulkan melalui Kesbangpol dan untuk kecamatan lainnya dikumpulkan di kecamatan wilayahnya masing-masing. Kemudian dibagikan ke masyarakat, melalui Kades, Lurah dan RT. Untuk di Arsel sendiri sudah terkumpul sekitar 7.624 lembar bendera, termasuk yang dibagikan kepada masyarakat hari ini," tuturnya. (DANANG/Y)

Berita Terbaru