Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kolaka Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Minggu Kedua Agustus BPS mencatat Penurunan Harga Pangan

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 14 Agustus 2023 - 22:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Badan Pusat Statistik (B PS) mencatat ada penurunan harga bahan pangan pada minggu kedua Agustus 2023.

“Pada minggu kedua Agustus 2023, sebagian besar komoditas pangan mengalami penurunan harga dibandingkan dengan Juli 2023,” ungkap Plt. Kepala BPS RI, Amalia Adininggar Widyasanti saat rakor terkait inflasi secara virtual bersama pemerintah daerah dan leading sektor terkait, Senin, 14 Agustus 2023.

Ia menuturkan penurunan beberapa komoditas membuat mayoritas kabupaten/kota mengalami penurunan Indeks Perkembangan Harga (IPH).

Sedangkan terkait inflasi, Amalia menyampaikan inflasi tertinggi di Pulau Sumatera berada di Kota Gunungsitoli (1,30 persen), Pulau Jawa berada di Kota Surakarta (0,31 persen).

Kemudian, Pulau Kalimantan berada di Kota Balikpapan (0,53 persen), Pulau Sulawesi berada di Luwuk (0,73 persen), Pulau Bali-Nusa Tenggara berada di Kabupaten Maumere (0,65 persen), dan Pulau Maluku-Papua berada di Manokwari (1,43 persen).

Dia menjelaskan secara nasional, jumlah kabupaten/kota yang mengalami kenaikan IPH pada minggu kedua Agustus 2023 turun sekitar 1 persen dari minggu sebelumnya.

Penurunan IPH terjadi di sebagian besar wilayah Pulau Sumatera dan Pulau Jawa. Sedangkan jumlah kabupaten/kota di Pulau Kalimantan yang mengalami kenaikan IPH relatif lebih banyak. (HERMAWAN DP/J)

Berita Terbaru