Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kediri Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Desa Tewah Pupuh Raih Juara II Lomba BUMDes Tingkat Provinsi

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 17 Agustus 2023 - 17:40 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes Tewah Jari di Desa Tewah Pupuh Kabupaten Barito Timur meraih juara II Lomba BUMDes tingkat Provinsi Kalimantan Tengah. Atas pencapaian tersebut BUMDes.Tewah Jari berhak membawa pulang hadiah atau uang pembinaan sebesar Rp25 juta.

BUMDes Tewah Jari didirikan pada 9 Februari 2022 dan dipimpin oleh Kristmas sebagai direktur. Unit usaha BUMDes yang berjalan saat ini yaitu penyewaan tenda dan kursi, pengelolaan parkir, ambulans desa serta budidaya ayam petelur.

Pemdes Tewah Pupuh juga berencana mengembangkan unit usaha jasa pembayaran melalui BRI Link, agen elpiji, pengelolaan sampah, perdagangan eceran suku cadang sepeda motor serta kios pertanian.

Sebelum diumumkan sebagai juara II, BUMDes Tewah Jari yang mewakili Barito Timur untuk perlombaan di tingkat provinsi harus melewati penilaian dari tim penilai tingkat provinsi yang datang langsung meninjau BUMDes Tewah Jari.

Adapun indikator penilaian dalam lomba BUMDes tersebut yaitu kelembagaan BUMDes, manajemen, unit usaha, kemitraan, laporan keuangan dan administrasi serta dampak keberadaan BUMDes dalam menggerakkan ekonomi desa dan memberikan kontribusi sebagai penyumbang pendapatan asli desa.

Saat dimintai tanggapannya atas keberhasilan BUMDes Tewah Jari meraih juara II tingkat provinsi, Kepala Desa Tewah Pupuh mengaku terharu dan bangga torehan prestasi tersebut.

Dia juga menyambut positif penilaian yang dilakukan oleh tim penilai lomba BUMDes tingkat provinsi beberapa waktu yang berkunjung langsung ke Desa Tewah Pupuh.

"Tidak lupa kami berterima kepada DPMDSos Barito Timur, tenaga ahli serta pendamping desa yang telah membina BUMDes Tewah Jari. Prestasi ini memacu semangat pengurus BUMDes Tewah Jari untuk terus mengembangkan BUMDes ini sehingga mendukung peningkatan perekonomian di desa," ucapnya.

Juara I lomba BUMDes tingkat Provinsi Kalimantan Tengah diraih oleh BUMDes Sumber Sejahtera dari Kabupaten Seruyan, Juara II BUMDes Tewah Jari dari Barito Timur, juara III BUMDes Baru Batuah dari Kabupaten Murung Raya, juara harapan I BUMDes Manggu Kapakat dari Kabupaten Katingan, juara harapan II BUMDes Sejahtera Mulia dari Kabupaten Kotawaringin Barat dan juara harapan III BUMDes Sumber Kehidupan dari Kabupaten Pulang Pisau. (BOLE MALO/H) 

Berita Terbaru