Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepulauan Sula Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perusahaan Wajib Berpartisipasi Cegah Karhutla

  • 08 April 2016 - 21:27 WIB

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) meminta perusahaan yang beroperasi di <Bumi Marunting Batu Aji> berperan aktif dalam menanggulangi bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Perusahaan harus ikut serta melakukan sosialisasi terkait Karhutla.

'Jadi berkenaan dengan hal tersebut, Pemkab Kobar melalui kami (BPBD), mengajak kerjasama antara perusahaan dan masyarakat yang berada di desa sekitar wilayah kerja perusahaan, untuk mengantisipasi musim kemarau yang berpotensi terjadinya karhutla,' kata

Kepala Bidang (Kabid) Penanggulangan dan Kesiapsiagaan BPBD Kobar Reneli saat ditemui <Borneonews> di ruang kerjanya, Jumat (8/4/2016).

Ia melanjutkan untuk penilaian Piala Adipura tahun 2016, kabut asap masuk dalam penilaian. Sehingga sosialisasi dan pencegahan Karhutla tahun 2016 ini sangat penting. Sehingga perlu partisipasi semua pihak termasuk perusahaan di Kobar.

'Bentuk kerjasama itu bisa diwujudkan dengan turut berpartisipasi dan memfasilitasi kegiatan sosialisasi dan pelatihan kepada masyarakat mulai regu relawan siaga di tingkat desa dan kelurahan,' kata dia.

Sehingga, kata Reneli, kapasitas dan kemampuan mereka dalam penanggulangan bencana karhutla bisa meningkat.Pemkab Kobar melalui tim gabungan yang terdiri dari BPBD, Dinas Kehutanan dan Satuan Manggala Agni BKSDA serta TNI/Polri siap membantu untuk memberikan materi dalam pelatihan tersebut.

'Kami mengimbau agar perusahaan dapat memahami hal ini, guna mengantisipasi bencana karhutla tahun 2016 ini. Untuk koordinasi lebih lanjut dapat segera menghubungi BPBD Kobar,' tegas dia.(CR-1/B-8)

Berita Terbaru