Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumbawa Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sekda Barito Timur Buka Rakor Tim Kewaspadaan Dini Pemerintah Daerah

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 31 Agustus 2023 - 17:40 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Timur Panahan Moetar membuka Rapat Koordinasi Tim Kewaspadaan Dini Pemerintah Daerah di Ruang Rapat Wakil Bupati Barito Timur, Kamis, 31 Agustus 2023.

Saat membacakan sambutan Bupati Barito Timur, Sekda mengatakan menyambut baik dan mengapresiasi pelaksanaan rapat koordinasi tersebut. Menurutnya, walaupun kondisi Barito Timur sampai saat ini tetap kondusif namun kita harus waspada dan terus memupuk kewaspadaan dini masyarakat.

"Kondisi masyarakat Barito Timur yang heterogen dengan berbagai latar belakang, memiliki potensi munculnya gesekan atau konflik yang ada pada akhirnya akan merugikan kita semua. Untuk itu adalah tugas kita bersama untuk senantiasa menjaga citra Kabupaten Barito Timur yang nyaman dan kondusif," ujarnya.

Sekda menjelaskan, Tim Kewaspadaan Dini Pemerintah Daerah Barito Timur yang dibentuk berdasarkan surat keputusan Bupati Barito Timur Nomor 180/44/HUK/2022, memiliki tugas merencanakan, melaksanakan dan merumuskan kegiatan Kewaspadaan Dini Pemerintah Daerah

"Kemudian juga mencari, mengumpulkan, mengkoordinasikan dan mengkomunikasikan data serta informasi/bahan keterangan dengan instansi vertikal mengenai potensi, gejala, atau peristiwa timbulnya ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan (ATHG) di daerah dalam rangka upaya pencegahan dan penanggulangan secara dini," lanjutnya.

Berikutnya Tim Kewaspadaan Dini Pemerintah Daerah memfasilitasi pembentukan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) tingkat kabupaten yang keanggotaannya terdiri atas unsur wakil organisasi kemasyarakatan (ormas), tenaga pendidik, tokoh pemuda, tokoh adat, tokoh agama atau elemen masyarakat lainnya dan ditetapkan oleh pemerintah
daerah.

"Lalu mengkoordinasikan fungsi dan kegiatan Tim Kewaspadaan Dini Pemerintah Daerah di wilayah kecamatan dan FKDM di kabupaten dalam pelaksanaan kewaspadaan dini terhadap potensi, gejala, atau peristiwa timbulnya ATHG di daerah yang mengancam stabilitas nasional," tutur Panahan.

Tim Kewaspadaan Dini Pemerintah Daerah juga bertugas memberikan rekomendasi kepada Bupati sebagai bahan kebijakan yang berkaitan dengan pendeteksian dini dan
pencegahan dini terhadap ATHG di daerah.

"Selanjutnya menyampaikan laporan Tim Kewaspadaan Dini Pemerintah Daerah kepada Gubernur Kalimantan
Tengah melalui Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Kalimantan Tengah dengan tembusan kepada Menteri Dalam Negeri," imbuh Sekda.

Rapat koordinasi yang kemudian dipimpin oleh Kepala Badan Kesbangpol Barito Timur Anda Kriselina untuk membahas potensi ATGH menjelang Pemilu 2024 itu juga diikuti oleh Tim Pusat Komunikasi dan Informasi Kewaspadaan Dini Pemkab Barito Timur serta FKDM Barito Timur. (BOLE MALO/J) 

Berita Terbaru