Kobar Waspada Rabies dan Flu Burung

  • 11 April 2016 - 20:44 WIB

Ada dua penyakit yang dikategorikan zoonosis atau penyakit hewan yang berpotensi menular kepada manusia yang saat ini diwaspadai di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar). Dua penyakit tersebut adalah rabies dan flu burung.

Menurut Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Perlindungan Tanaman Distanak Kobar Haryo Prabowo, Senin (11/4/2016), menjelaskan alasan dua penyakit zoonosis tersebut menjadi perhatian pihaknya.

Karena sejak tahun 2015 sudah terjadi kasus gigitan anjing yang berpotensi rabies di Kabupaten Kobar. Namun kami perkirakan beberapa tahun sebelumnya juga kasusu gigitan anjing juga telah marak terjadi. Namun masyarakat mendiamkan saja dan tidak mengobati dan melaporkan kejadian tersebut ke puskesmas, jelasnya.

Karena gencarnya pemberitaan di media massa tentang bahaya rabies, maka kesadaran masyarakat tentang bahaya rabies saat ini sudah mulai muncul. 

Sehingga setiap ada kasus gigitan, masyarakat sudah bisa  melakukan tindakan pertolongan pertama dan membawa ke puskesmas

untuk diberikan vaksin. Selain itu perwakilan masyarakat juga menghubungi kami untuk segera menangani anjing yang mengigit warga tersebut, jelasnya.

Selain itu, penyakit flu burung atau avian influenza juga menjadi perhatian pihaknya. Karena saat ini di beberapa tempat di Pulau Jawa seperti Kabupaten Banyuwangi Provinsi Jawa Timur dan Kabupaten Indramayu provinsi Jawa Barat, jelasnya

Agar tidak sampai masuk ke Kabupaten Kobar, lanjutnya, maka pihaknya terus mengadakan penguatan pada titik pantau di beberapa pintu masuk ke Kobar. 

Kita membuka cek poin di Desa Amin Jaya, Pangkalan Banteng, Desa Runtu, Kecamatan Arsel dan Pelabuhan Kumai, jelasnya. (YD/B-12)

Berita Terbaru