Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Koperasi MSB Ikut Jambore UMKM Kalteng 2023 di Kobar

  • Oleh Nurita Fitriyastuti
  • 02 September 2023 - 22:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun -  Koperasi Media Sejahtera Bersama (MSB) ikuti acara Jambore Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) yang digelar di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) pada 2 - 9 September 2023.

Keikutsertaan Koperasi MSB Pangkalan Bun merupakan salah satu aksi mereka mendukung program UMKM dari pemerintah provinsi (Pemprov) maupun pemerintah kabupaten seperti acara Jambore UMKM Kalteng 2023 ini. 

Hal tersebut diungkapkan Pimpinan Koperasi MSB sekaligus Head of Media Borneonews - Palangka Post, Revy Apriani. 

"Mendukung program pemerintah soal UMKM naik kelas, Koperasi MSB yang kita bentuk sejak 2017 ingin turut berkontribusi juga kepada daerah, dan keberadaan koperasi setidaknya telah membuka peluang kerja dan juga peluang bisnis buat UMKM lain," ungkapnya, Sabtu, 2 September 2023.

Koperasi MSB merupakan distributor pertama MINYAKITA, yang sudah memiliki puluhan distributor kedua dan ratusan pengecer. Mereka hingga kini mempekerjakan tenaga kerja yang juga merupakan putra daerah khususnya di Kabupaten Kobar. 

Tak sampai di situ saja, dalam mendukung pelaku usaha di Kabupaten Kobar, Koperasi MSB lakukan binaan usaha kepada salah satu pelaku usaha yang memproduksi abon dari ikan dan daging sapi dengan merk Abon Cap 2 Perahu. 

Menurutnya, binaan dilakukan karena adanya keterbatasan produsen dalam mengolah produksi seperti bahan baku dan minyak goreng. 

Mereka melihat adanya potensi dan kualitas produksi abon tersebut yang memang perlu dukungan penuh  terhadap pelaku usaha abon ini. 

"Melihat potensi dan kendala yang dihadapi produsen Abon Cap 2 Perahu tersebut, Koperasi MSB kemudian melakukan pendampingan dengan memberikan support bahan baku daging serta minyak goreng. Bukan hanya itu saja, Koperasi MSB juga membantu memasarkan produk. Pendampingan ini bertujuan untuk mengangkat pelaku UMKM agar bisa naik kelas," tutur Revy.

Untuk itu, dalam Jambore UMKM Kalteng 2023 warga yang datang dapat berkunjung ke stand Koperasi MSB, yang menyediakan berbagai macam produk, yaitu produk abon, frozen food, minyak goreng, dan lainnya dengan harga spesial tentunya.

Berita Terbaru