Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Yalimo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Petugas Kebersihan Di Seruyan Kewalahan Tangani Sampah

  • 12 April 2016 - 20:11 WIB

Petugas kebersihan di Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, kewalahan menangani sampah di tempat pembuangan sementara (TPS), sebab setiap saat warga dibolehkan membuang sampah ke tempat tersebut.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas Kebersihan Seruyan Piau Sandoa di Kuala Pembuang, Selasa, mengatakan belum adanya aturan tentang jadwal membuang sampah membuat sampah di TPS tidak pernah habis.

'Meskipun petugas telah bekerja maksimal, tapi karena tidak adanya aturan mengenai waktu membuang sampah akhirnya TPS tidak pernah kosong dari sampah,' katanya.

Ia menambahkan, sampah di TPS yang tidak pernah habis menimbulkan kesan bahwa petugas kebersihan tidak bekerja secara maksimal untuk mengangkut sampah dari TPS ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

'Biasanya petugas kebersihan mengangkut sampah yang ada di TPS mulai pukul 06.00 WIB sampai pukul 12.00 WIB, tapi yang banyak terjadi di lapangan, baru saja sampah di TPS diangkut ke TPA, setelah dicek kembali sudah terisi lagi,' katanya.

Ia menjelaskan, minimnya armada serta jumlah petugas membuat UPTD Kebersihan menjadi kewalahan menangani sampah di TPS, karena dari jumlah personel yang ada harus dibagi untuk menangani kebersihan pada bagian lain, misalnya kebersihan taman dan jalan.

'Tidak mungkin semua personel diarahkan hanya untuk mengurus TPS setiap hari, kalau tidak dibagi tugas maka kebersihan pada bagian lain tidak akan tertangani,' katanya.

Menyikapi kondisi ini, pihaknya mendesak agar peraturan daerah tentang sampah dapat segera diterbitkan untuk mencegah penumpukan dan menciptakan pengelolaan sampah di Bumi Gawi Hatantiring menjadi lebih baik.

'Perda itu untuk mengatur waktu membuang sampah yang hanya boleh dilakukan pada malam hari, jadi pada pagi hingga sore hari semua bersih, tidak ada lagi sampah ditemukan di TPS. Perda itu dapat menjadi dasar untuk menindak mereka yang membuang sampah tidak sesuai aturan,' katanya. 

(ANT/B-8)

Berita Terbaru