Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Sumatra Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kembangkan Budidaya Cokelat Pemkab Sediakan 130 Ribu Bibit Kakao

  • 12 April 2016 - 20:21 WIB

PEMKAB Barut menyediakan 130 ribu bibit cokelat atau kakao unggul untuk masyarakat melalui dana APBD kabupaten setempat.

'Saat ini kami sedang memerifikasi lokasi yang akan mendapat bantuan dan diharapkan bantuan bibit cokelat secara cuma-cuma yang rencananya disalurkan pada November hingga Desember 2016 dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di daerah ini,' kata

Kepala Bidang Produksi Perkebunan Dinas Kehutanan dan Perkebunan Barut Tri Indra Hartono, Selasa (12/4/2016).

Menurut Indra, bantuan tersebut merupakan upaya meningkatkan produksi perkebunan masyarakat di 9 kecamatan, yakni Teweh Te'ngah, Gunung Timang, Lahei, Teweh Timur, Teweh Baru, Teweh Selatan, Gunung Purei, Lahei Barat dan Montallat.

'Bibit cokelat dari Jember, Jawa Timur, ini merupakan bibit biji unggul guna membantu masyarakat mengembangkan salah satu komoditas unggulan di daerah ini selain karet dan kelapa sawit' katanya.

Ia mengatakan sentra tanaman cokelat di Kabupaten Barito Utara ini berada di wilayah Desa Batu Raya Kecamatan Gunung Timang yang luasnya mencapai ratusan hektare itu diusahakan para petani setempat yang sebagian besar warga eks transmigrasi Pulau Jawa.

Kebun cokelat masyarakat setempat itu dalam satu hektarenya menghasilkan antara 800 kilogram hingga 1 ton per minggu biji kering kakao.

'Masyarakat di desa tersebut mengusahakan tanaman kakao sebagai mata pencaharian utama,' katanya.

Para pembeli itu datang langsung ke desa setempat yang berasal dari luar daerah seperti Ampah Kabupaten Barito Timur, kemudian Banjarmasin dan beberapa daerah di Kalimantan Selatan lainnya.

(ANT/B-5)

Berita Terbaru