Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Minta Pemda Dukung Upaya Untuk Memenuhi Kebutuhan Masyarakat

  • Oleh Donny Damara
  • 11 September 2023 - 14:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sekretaris Komisi II DPRD Kalteng, Sengkon meminta pemda baik provinsi maupun kabupaten dan kota supaya dapat mendukung upaya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat salah satunya yakni jaringan listrik.

Sengkon mengatakan, program PLN yang menargetkan seluruh desa khususnya di Kalteng tersambung jaringan listrik pada tahun 2024 mendatang harus bisa didukung semua pihak termasuk pemda yaitu dengan membuka wilayah terisolir yang belum sama sekali memiliki infrasruktur jalan dan jembatan.

"Program PLN ini harus kita dukung, karena memang masih banyak desa di wilayah Kalteng yang belum teraliri jaringan listrik ada sekitar ratusan, kendalanya yakni terisolasi karena tidak ada akses darat yang memadai. Keterisolasian wilayah itu harus dibuka," ujarnya, Senin, 11 September 2023.

Sengkon mengakui, dirinya optimis bahwa program PLN itu dapat tercapai pada tahun 2024 mendatang, asalkan mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah terutama membuka wilayah yang terisolsi, sebab akses darat menjadi salah satu kunci untuk mempercepat pembangunan jaringan listrik.

"Waktu kita melaksanakan kunjungan kerja ke Provinsi Kalsel khususnya mengunjungi PLN UID Kalselteng. Kita banyak membahas tekait jaringan listrik ini, PLN mempunyai program seluruh desa di Kalteng akan dialiri listrik, tapi mereka juga meminta dukungan dari kita sebagai anggota legislatif maupun pemda serta masyarakat," tuturnya.

Sengkon mengakui bahwa, pihaknya tentu akan mendukung hal itu, kemudian pemda juga diharapkan sama dapat mendukung program tersebut. Di sisi lain masyarakat memiliki peran penting dalam upaya tersebut diantaranya seperti mempermudah dalam hal pembebasan lahan, sebab selama ini terkait lahan kerap menjadi persoalan.

"Persoalannya ketika ada pemebebasan lahan masyarakat banyak yang enggan melepas atau memasang harga mahal. Kita minta jangan sampai itu terjadi, program PLN harus dapat didukung sehingga nanti jaringan litrik bisa cepat masuk desa-desa yang belum sama sekali memiliki jaringan listrik," pungkasnya. (DONNY D/H)

Berita Terbaru