Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gelapkan Mobil Rental, Pemuda Pangkalan Bun Ditangkap di Kendal Jateng

  • Oleh Wahyu Krida
  • 12 September 2023 - 20:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Agar bisa menutupi hutangnya dengan menggadaikan sebuah mobil yang disewanya, tersangka penggelapan Gusti Reza Iman Adam warga Jalan Landak, Kelurahan Sidorejo, Kecamatan Arut Selatan (Arsel) Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) terpasa harus berurusan dengan hukum.

Pemuda tersebut ditangkap anggota Reskrim Polres Kobar di disebuah penginapan yang berada di Kabupaten Kendal Jawa Tengah, awal September 2023.

Kapolres Kobar AKBP Bayu Wicaksono dalam rilis kasus di Mapolres Kobar, Selasa, 12 September 2023 menjelaskan aksi penggelapan mobil yang dilakukan tersangka terjadi pada bulan Juli 2023.

"Dari pengakuan tersangka tanggal 7 Juli 2023 ia menyewa sebuah mobil Wuling Confero warna putih tahun 2021 dengan nomor polisi KH 1135 GT milik salah satu korbannya. Mobil tersebut digadaikan dengan orang lain untuk menutupi hutangnya," jelas Kapolres.

Kemudian, untuk menebus mobil yang telah digadaikan ini, tersangka kemudian kembali mencari mobil lainnya untuk disewa dan digadaikan kembali dengan modus serupa.

"Tersangka kemudian kembali menyewa mobil milik korban lainnya yaitu Toyota Avanza warna hitam dengan nopol H 1340 AP. Mobil tersebut selanjutnya digadaikannya pada seseorang dengan tujuan memperoleh uang guna menebus mobil pertama yang digadaikannya," jelas Kapolres.

Namun, 2 korbannya yang merasa hampir sebulan mobil yang disewa tersangka tidak dikembalikan, korbannya kemudian melaporkan hal ini ke Mapolres Kobar.

"Tersangka ditangkap di sebuah penginapan di Kabupaten Kendal, Jateng. Saat ini tersangka sudah ditahan dan menjalani pemeriksaan oleh penyidik Reskim Polres Kobar," jelas Kapolres.

Akibat perbuatannya, tersangka dijerat dengan pasal 372 KUHP tentang penggelapan dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara. (WAHYU KRIDA/J)

Berita Terbaru