Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Balikpapan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BUMDes Binaan PT SSMS Terima Sertifikat RSPO

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 13 September 2023 - 21:20 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Perjuangan 126 pekebun swadaya yang tergabung ke dalam BUMDes Berkah Mulya Jaya, Desa Mekar Mulya Kecamatan Sematu Jaya binaan PT Sawit Sumbermas Sarana (SSMS) berbuah manis dengan menerima sertifikat Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) Independent Smallholder. Atas raihan tersebut, Bupati Lamandau Hendra Lesmana mengaku bangga.

“Saya ucapkan selamat kepada BUMDes Berkah Mulya Jaya yang hari ini menerima sertifikat RSPO. Semoga hal ini menjadi triger (pemicu) bagi BUMDes-BUMDes lainnya, karena mayoritas perkebunan di Kabupaten Lamandau adalah kebun kelapa sawit,” ungkap Bupati Hendra, Rabu, 13 September 2023.

Dengan memiliki sertifikat RSPO, ia berharap BUMDes Berkah Mulya Jaya terus berkomitmen menjaga keberlangsungan ekonomi anggotanya. Namun, bukan hanya memikirkan bisnis, tetapi juga bertanggung jawab terhadap kelestarian lingkungan sekitar.

“Dengan memiliki sertifikat RSPO berarti harus memiliki manfaat penting, baik  bagi lingkungan, sosial, maupun ekonomi,” bebernya.

Sementara, Head of Sustainability PT SSMS, Henky Satrio Wibowo menjelaskan, tujuan utama RSPO adalah mengembangkan dan menerapkan standar yang berkelanjutan untuk industri kelapa sawit. Setelah memperoleh sertifikat RSPO, dipastikan produksi kelapa sawit yang dijalankan tidak merusak lingkungan, merugikan masyarakat lokal, atau melanggar hak asasi manusia.

“BUMDes Berkah Mulya Jaya merupakan salah satu dampingan atau binaan PT SSMS dalam program sertifikasi RSPO bagi pekebun swadaya di Desa Mekar Mulya Jaya,” jelasnya.

BUMDes Berkah Mulya Jaya, terang dia, didampingi oleh perusahaan dibawah bendera PT Citra Borneo Indah (CBI) Group sejak tahun 2021 dan memiliki anggota sebanya 126 pekebun swadaya dengan total luasan 537,35 hektar.

“Target ini masih perlu dikejar oleh pengurus Tim Internal Control System (ICS) BUMDes Berkah Mulya Jaya, karena target perusahaan untuk satu entitas harus mencapai target luasan sebanyak 1.000 hektar,” sebutnya.

Dalam proses pendampingan menuju sertifikasi perkebunan berkelanjutan bagi BUMDes Mekar Mulya Jaya, PT SSMS juga melakukan kerjasama dengan salah satu mitra perusahaan, yaitu PT Ecogreen Oleochemical.

“Kerjasama ini menandai bukti bahwa adanya kepercayaan pembeli dari produk perusahaan yang telah menerapkan program traceability. Hal ini merupakan poin penting bagi buyer untuk memastikan ketelusuran produk yang dibeli,” ujarnya.

Berita Terbaru