Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Blora Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

150 Hektare Lahan Terbakar di Desa Kahuripan Permai, Tim Satgas Karhutla Lakukan Pemadaman

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 15 September 2023 - 10:45 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Tim Satgas Karhutla Kabupaten Kapuas berjibaku melakukan pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Desa Kahuripan Permai, Kecamatan Dadahup.

Tim Satgas itu terdiri atas personel TNI, Polri, BPBD Kapuas, Manggala Agni, Satpol PP dan Damkar, Dinkes Kapuas serta Balakar dan Pemdes. Mereka diberangkatkan melakukan pemadaman kebakaran di desa tersebut pada tanggal 14 September 2023.

Kepala Pelaksana BPBD Kapuas, Panahatan Sinaga mengatakan, kondisi api di wilayah dekat pemukiman dapat dipadamkan. Namun demikian, ada kendala yang harus dihadapi, yakni sebaran api sangat luas, terdapat beberapa titik api yang mengarah ke dalam hutan dan lokasi kejadian adalah lahan gambut tipis.

"Tadi malam tim telah kembali ke posko, luasam lahan yang terbakar sekitar 150 hektare (4 blok tanah)," kata Panahatan Sinaga, Jumat, 15 September 2023.

Sebelumnya, Sinaga menyampaikan dikerahkannya personel menindaklanjuti laporan kejadian karhutla di Desa Kahuripan Permai. Berdasarkan laporan dari kepala desa bahwa karhutla terjadi sejak tanggal 13 September 2023.

Pihak desa sudah melakukan upaya pemadaman di lokasi. Namun karena terbatas peralatan dan personel, pihak desa meminta bantuan personel dan peralatan ke Posko.

"Selanjutnya dilakukan persiapan dan pemberangkatan Tim Satgas kemarin siang menuju ke lokasi karhutla," pungkasnya. (DODI/Y)

Berita Terbaru