Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bangli Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Agar Terhindar dari Karhutla, Pokdarwis Diminta Perketat Penjagaan Kawasan Wisata

  • Oleh M Pradila Kandi
  • 16 September 2023 - 03:00 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Pulang Pisau, Bakhzar Efendi mengatakan bahwa sampai saat ini terus mendorong setiap kelompok sadar wisata (Pokdarwis) yang ada di Pulang Pisau untuk menjaga area kawasannya dengan lebih ketat agar terhindar dari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

"Mengingat saat ini telah memasuki musim kemarau panjang dengan cuaca panas, tentunya sangat beresiko bisa terjadi kebakaran hutan," ucapnya, Jum'at, 15 September 2023.

Ia menjelaskan, dampak kebakaran hutan tidak menutup kemungkinan bisa menyerang area wisata alam. Untuk hal ini, Pokdarwis harus bisa bersinergi dengan pemerintah desa dalam melakukan pencegahan segera mungkin. 

"Tentunya, kami juga memiliki tanggungjawab dalam hal ini sebagai bentuk upaya dalam membantu pencegahan Karhutla dengan membeikan imbauan kepada pihak pengelola destinasi wisata," jelasnya. 

Ia menambahkan, dalam hal ini meminta kepada pokdarwis dapat memantau segala macam aktifitas yang ada diwilayah destinasi wisata serta memberikan sosialisasi terhadap wisatawan yang datang agar tidak melakukan hal memicu kebakaran hutan dan lahan.

"Merupakan hal yang wajib bagi wisatawan untuk mengikuti aturan yang diberikan oleh pengelola. Hal tersebut, dilakukan agar kelestarian hutan dan kemajuan destinasi wisata," tutupnya. (M PRADILA KANDI/J) 


TAGS:

Berita Terbaru