Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Teluk Bintuni Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Harga Ikan Tongkol Anjlok di Aceh Utara

  • 13 April 2016 - 19:55 WIB

Lhokseumawe, Aceh-Harga ikan segar jenis tongkol di Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh, sejak sebulan terakhir turun dratis, akibat banyaknya hasil tangkapan nelayan.

Armia, salah seorang pedagang di Pasar Blang Jruen, Kecamatan Tanah Luas, Selasa mengatakan, harga ikan tongkol sekarang ini Rp5.000/Kg, sedangkan sebelumnya Rp20.000/Kg.

Tambahnya, akibat anjloknya harga ikan tongkol, banyak warga yang membeli dalam jumlah banyak. Selain untuk dikonsumsi secara segar, juga dijadikan ikan olahan seperti ikan asin atau ikan kayu.

Ia menyatakan, anjloknya harga ikan tersebut, karena banyaknya tangkapan nelayan untuk saat sekarang. Namun, apabila memasuki bulan Oktober hingga Desember, harga ikan diperkirakan akan melonjak lagi, karena nelayan kesulitan tangkapan ikan akibat cuaca yang tidak mendukung, ujarnya.

Sementara pedagang lainnya di Jungka Gajah, Kecamatan Meurah Mulia, Zulfahmi menambahkan, hampir di semua tempat penjualan di daerah itu, harga ikan tongkol saat ini nyaris sama, sementara untuk harga normal belum bisa dipastikan kapan, karena sangat tergantung dengan hasil tangkapan nelayan.

'Anjloknya harga ikan saat banyaknya tangkapan adalah hal biasa, pedagang juga menyesuaikan harganya dengan pasokan ikan segar dari hasil tangkapan nelayan,' ungkap Zulfahmi. (ANT/B-8)


TAGS:

Berita Terbaru