Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Kalimantan Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Begini Langkah-Langkah Antisipasi Kebakaran MenurutDPKP Kota Palangka Raya

  • Oleh Pathur Rahman
  • 16 September 2023 - 17:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Di tahun 2023 terjadi musibah kebakaran pemukiman yang cukup besar di dua lokasi di Kota Palangka Raya, yang menyebabkan puluhan rumah terbakar hangus.

Melihat hal tersebut, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Palangka Raya Gloriana Aden menyampaikan beberapa poin untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran.

Pertama, periksa instalasi listrik rumah apakah normal ataukah ada kebocoran arus, kedua jangan meninggalkan sumber api seperti kompor menyala, lilin, obat nyamuk tanpa ada pengawasan.

Ketiga, hindari melakukan pengisian daya telepon genggam saat tidur, terlebih meletakkannya di atas kasur yang bisa menyebabkan kasur terbakar, atau telepon genggam meledak akibat mengisi daya semalam penuh.

Keempat hindari penggunaan multi setop kontak yang dapat membuat tegangan dan arus listrik tidak normal dan setop kontak bisa menjadi panas, kelima hindari membakar sampah saat cuaca terik.

"Masyarakat Kota Palangka Raya bisa perhatikan la hal tersebut ya, sebagai upaya kita untuk mengantisipasi secara dini terjadinya kebakaran, meskipun kejadian kebakaran tidak bisa diprediksi kapan terjadinya," pungkasnya. (Pathur/j)

Berita Terbaru