Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Palu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Kalteng Dorong Pengembangan SDM Secara Menyeluruh

  • Oleh Donny Damara
  • 17 September 2023 - 14:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng, Sirajul Rahman mendorong pemda baik provinsi, kabupaten dan kota agar dapat terus melakukan upaya pengembangan terhadap sumber daya manusia (SDM) secara menyeluruh di Bumi Tambun Bungai ini.

Pasalnya, keberadaan SDM yang mempunyai ilmu pengetahuan serta kapasitas mumpuni sangat diharapakan serta diperlukan untuk keberlangsungan pembangunan kedepan, terlebih lagi generasi muda yang notabene sebagai ujung tombak penerus kepemimpinan maupun pembangunan berikutnya.

"Pengembangan SDM ini bisa dilakukan melalui berbagai upaya baik itu sektor pendidikan, pelatihan dan sebagainya. Pengembangan SDM sangat penting untuk daerah ini kedepan, sebab semakin banyak SDM yang berkualitas maka pembangunan pun akan semakin maju," ucapnya, Minggu, 17 September 2023.

Menurutnya, yang paling krusial dalam upaya mengembangkan SDM terutama dari segi ilmu pengetahuan yakni sektor pendidikan. Oleh karena itu, peningkatan pada sektor tersebut perlu mendapat perhatian serius dari pemerintah baik sarana dan prasarana hingga pemenuhan keberadaan tenaga guru.

Lanjutnya, ketika sektor pendidikan sudah mendapat perhatian maksimal untuk mendukung serta menambah kapasitas atau skill SDM tersebut maka selanjutnya perlu diberikan pelatihan diberbagai bidang. Sebab, didalam dunia kerja tidak hanya ilmu pengetahuan yang diperlukan akan tetapi juga skill untuk menunjang kinerja.

"Memiliki SDM berkualitas secara merata itu menjadi salah satu kunci keberhasilan suatu daerah untuk berkembang dan maju. Selain itu juga apabila SDM kita memiliki kapasitas atau skill maka didalam dunia kerja mereka akan mampu bersaing, dan dari situ angka pengangguran serta kemiskinan pun dapat ditekan," tukasnya. (DONNY D/H)

Berita Terbaru