Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Grobongan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hujan Bantu Tanggulangi Karhutla di Tapin Kalsel

  • Oleh ANTARA
  • 18 September 2023 - 10:31 WIB

BORNEONEWS, Tapin - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan (Kalsel), menyebutkan hujan yang melanda sejak sore hari membantu penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah itu.

"Sebagian wilayah hujan dengan intensitas tinggi. Jelas hujan ini membantu penanganan karhutla," ujar Kepala Pelaksana BPBD Tapin Raniansyah di Rantau, Tapin, Minggu.

Meskipun tak lama, kata dia, hujan yang hanya berkisar satu jam, membasahi area rentan kebakaran, seperti kawasan rawa, pada beberapa wilayah di Kabupaten Tapin.

"Beberapa pekan terakhir dan Agustus cuma ada sekali hujan," ucap Raniansyah.

Dampak hujan ini juga dirasakan petani cabai rawit yang terdampak karhutla di Desa Hiyung, Kecamatan Tapin Tengah pada Jumat.

Ketua Kelompok Tani Desa Hiyung Junaidi memastikan hujan yang mengguyur pada sore ini mampu memadamkan api di lahan perkebunan cabai rawit Hiyung.

"Alhamdulillah hujan sangat deras di Hiyung," tutur Junaidi.

Usai hujan tersebut, kata Junaidi, sudah tak terlihat kepulan asap di wilayah rawa kering yang terdampak kebakaran.

Berdasarkan data BPBD Tapin, sejak Juni sampai akhir Agustus 2023 terjadi 52 karhutla dan membakar lebih dari 76 hektare, yang didominasi lahan semak belukar.

Akibat karhutla yang melanda lahan cabai di Hiyung, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapin memberikan bantuan kepada petani yang mengalami kerugian materi.

Berita Terbaru