Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Rembang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Sukamara Berupaya Tingkatkan PAD Yang Mengalami Penurunan

  • Oleh Norhasanah
  • 19 September 2023 - 16:20 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Pemerintah Kabupaten Sukamara akan berupaya meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) setelah mengalami penurunan.

"Untuk penurunan PAD dari Rp38 miliar lebih menjadi Rp28 miliar lebih disebabkan karena adanya laba ditahan atas deviden penyertaan modal pada Bank Kalteng," kata Bupati Sukamara, Windu Subagio, Senin, 19 September 2023.

Menurut Windu, pemerintah Pemerintah Kabupaten Sukamara tetap berupaya untuk meningkatkan PAD dengan meningkatkan potensi-potensi yang ada, sehingga dapat memberikan dampak dalam peningkatan pendapatan asli daerah.

"Salah satunya melalui intensifikasi dan ekstensifikasi pemungutan pajak dan retribusi daerah," ujarnya.

Windu menambahkan, bahwa rasio Kabupaten Sukamara untuk kemampuan rasio kemandirian masih rendah, sehingga ruang fisikal yang menggambarkan besarnya pendapatan yang masih bebas digunakan oleh daerah untuk mendanai program atau kegiatan sesuai kebutuhan juga masih rendah.

"Rasio kemandirian daerah tercermin oleh rasio pendapatan asli daerah terhadap total pendapatan, serta rasio transfer terhadap total pendapatan," tukas Windu Subagio. (NORHASANAH/Y)

Berita Terbaru