Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketua DPRD Barito Utara Apresiasi Peresmian Kantin Sehat SMPN 1 Muara Teweh

  • Oleh Ramadani
  • 21 September 2023 - 07:20 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Ketua DPRD Kabupaten Barito Utara, Hj Mery Rukaini mengapresiasi dengan telah diresmikannya kantin sehat SMPN 1 Muara Teweh. Kantin sehat tersebut diresmikan oleh Bupati Barito Utara H Nadalsyah, Rabu, 20 September 2023.

“Dengan adanya kantin sehat SMPN 1 Muara Teweh ini anak-anak didik di sekolah ini dapat memberikan kenyamanan dalam memilih menu jajanan yang sehat,” kata Ketua DPRD saat menghadiri peresmian kantin sehat SMPN 1 Muara Teweh.

Dikatakannya, dengan diresmikannya Kantin Sehat SMPN 1 Muara Teweh nantinya menjadikan salah satu asupan gizi bagi para siswa-siswi, karena kantin sehat akan menyajikan jajanan serta menu jualan dengan gizi yang tercukupi yaitu empat sehat lima sempurna.

Ketua DPRD pada kesempatan tersebut juga menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Komisaris PT Mitra Barito dan semua pihak yang telah membantu pembangunan kantin sehat ini.

Hal ini, jelas Ketua dewan, semata-mata dilaksanakan hanya untuk memberikan kenyamanan bagi siswa-siswi dalam melaksanakan kegiatan belajar, apabila suasana nyaman maka ini dapat menjadi salah satu penunjang terciptanya pembelajaran yang optimal bagi para siswa dan siswi.

Ketua DPRD mengatakan, peran kantin dan jajanan sehat di Sekolah adalah penyedia kebutuhan berbagai makanan dan minuman bagi peserta didik dan juga warga sekolah lainnya. Dan juga sebagai media pembelajaran tentang pangan yang aman dan bergizi sesuai pelajaran yang telah diberikan di sekolah.

Selain itu, media penunjang kreativitas peserta didik, sarana penerapan standar kebersihan dalam menyiapkan, mengolah, menyajikan makanan dalam kehidupan sehari-hari, sarana pembentukan pola makan bergizi seimbang.

Lebih lanjut Ketua DPRD, dalam rangka menjamin penyelenggaraan kantin dan jajanan sehat di sekolah, ada komponen yang harus diperhatikan, yaitu komitmen dan manajemen sekolah, komitmen dan manajemen harus disertai monitoring atau supervisi secara berkala untuk memastikan kantin dan jajanan sehat dapat diterapkan dengan baik di sekolah.

“Pengaturan kantin sehat juga harus memperhatikan protokol kesehatan (3M). Protokol kesehatan (3M) seperti menggunakan masker di area kantin, mencuci tangan dengan menggunakan sabun sebelum dan sesudah makan, menjaga jarak dengan mengatur meja dan kursi, alat makan selalu dalam keadaan terlindung,” kata Ketua DPRD Hj Mery Rukaini. (RAMADHANI/J)

Berita Terbaru