Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Palu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lahan Terbakar di Desa Sungai Undang Membuat Asap Pekat Selimuti Kantor Pemkab Seruyan

  • Oleh Fahrul Haidi
  • 21 September 2023 - 19:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang – Lahan seluas lebih kurang 5 hektar di wilayah Desa Sungai Undang, Kecamatan Seruyan Hilir, Kamis 21 September 2023 terbakar.

Kebakaran lahan ini, sempat membuat kawasan perkantoran Pemkab Seruyan di selimuti asap  pekat lantaran hembusan angin  yang cukup  kencang.

Sulitnya akses menuju lokasi ditambah dengan hembusan angin yang cukup kencang, sempat menyulitkan Tim Gabungan Satgas Karhutla memadamkan api.

Tim Gabungan terdiri dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP), MPA Desa Sungai Undang hingga pihak kepolisian dan TNI  turun langsung  melakukan pemadaman

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Seruyan, Agung Sulistyono melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik, Mohamad Yani mengatakan setelah mendapat informasi  terkait kebakaran lahan, pihaknya  langsung menurunkan personil untuk melakukan pemadaman.

"Informasi adanya kebakaran kami terima dari masyarakat, pertama titik api  berdekatan dengan sekolah dan kami  langsung melakukan pemadaman," katanya

Sulitnya akses menuju titik api, ditambah mobil pemadam tidak bisa masuk, serta kondisi angin cukup kencang membuat  proses pemadaman cukup  memakan waktu.

" Untuk  data luasan lahan yang terbakar  sekitar 5 hektar, tapi itu memanjang karena api mengikuti arah mata angin. Angin juga salah satu kendala pada saat proses pemadaman," tandasnya (FAHRUL/H)

Berita Terbaru