Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kutai Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Sukamara Sebut Permintaan dan Produksi Udang Vaname Belum Imbang

  • Oleh Testi Priscilla
  • 22 September 2023 - 12:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Bupati Sukamara, Windu Subagio mengatakan bahwa permintaan pasar dengan jumlah produksi udang Vaname di Kabupaten Sukamara belumlah imbang. Meski memang daerah ini disebut memiliki potensi terhadap bubidadya udang Vaname.

"Kabupaten Sukamara memiliki potensi yang sangat besar pada budidaya Udang Vaname mengingat hasil produksi masih tergolong rendah dibandingkan dengan permintaan pasar yang tergolong tinggi," kata Windu dalam rilis Otoritas Jasa Keuangan atau OJK Kalteng pada Jumat, 22 September 2023.

Hal ini juga telah disampaikan Windu dalam kegiatan Seminar dengan tema "Potensi Pengembangan Usaha Budidaya Udang Vaname" yang diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Sukamara bersama PT Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Tengah baru-baru ini.

"Melalui Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah atau TPAKD Kabupaten Sukamara kiranya dapat menciptakan program yang mempertemukan antara kelompok dagang udang vaname dengan para petambak udang," harap Windu.

Selain itu, lanjutnya, kehadiran BumDes pada program tersebut juga diharapkan dapat memberikan kontribusi pada Pendapatan Daerah.

Sementara itu, Direktur Pemasaran dan Bisnis Bank Kalteng, Marzuki berharap kegiatan ini dapat meningkatkan akses pembiayaan/kredit kepada para petambak udang melalui program-program kredit yang dimiliki Bank Kalteng.

"Kami berharap dengan adanya dukungan dari berbagai stakeholders dapat meningkatkan akses keuangan didaerah melalui skema pembiayaan pada petambak udang vaname yang ada di Kabupaten Sukamara sehingga dapat mengembangkan usaha dan meningkatkan perekonomiannya," terang Marzuki. (TESTI PRISCILLA/J)

Berita Terbaru