Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Keerom Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Dukung Hibah Lahan Eks Lokalisasi Km12 di Kotim untuk Kegiatan Ekonomi Kemasyarakatan

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 22 September 2023 - 17:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota DPRD Kotawaringin Timur Daerah Pilihan I, Riskon Fabiansyah mendukung hibah lahan eks lokalisasi di Km 12 Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang.

"Informasi yang kami terima lokalisasi itu ke depan memang akan difungsikan untuk kegiatan ekonomi kemasyarakatan," kata Riskon, Jumat, 22 September 2023.

Dia berharap, hal itu bisa menjadi salah satu sumber penghasilan bagi masyarakat, sehingga tidak kembali menjadi lokalisasi.

Dengan dihibahkan lahan dari pemerintah daerah kepada masyarakat setempat, membuat warga setempat bisa berpikir lebih maju untuk melakukan kegiatan kreatif.

"Saya dengar beberapa masyarakat sudah melakukan aktifitas perkebunan, seperti menanam sayur-sayuran itu kita support," tutupnya.

Bupati Kotawaringin Timur, Halikinnor memberikan hibah lahan eks lokalisasi tersebut saat berdialog dengan warga, Kamis, 21 September 2023. Selanjutnya, akan diproses sesuai ketentuan.

Dalam dialognya bersama warga, diketahui masyarakat setempat telah mengelola lahan tersebut sejak 1993. Setelah penutupan lokalisasi, warga mangeku mencari penghasilan untuk makan saja susah. Sebagian besar masyarakat telah memiliki SKT namun tidak dapat membuat sertifikat tanah karena lahan milik pemerintah daerah. 

"Ini berproses dulu hibahkan di pemerintah daerah. Semoga tidak tercatat di kementerian sosial. Kalau tercatat disana saya harus mengurus ke kemensos. Tapi insha Allah sepertinya tidak, itu hanya di pemerintah daerah makannya itu akan kita buat kebijakan,"

"Ini nanti diajukan ke BPN untuk sertifikasinya, kecuali fasilitas umum dan fasilitas sosial tetap menjadi milik Pemerintah Daerah. Misalnya gedung pertemuan, masjid dan lainnya," kata Halikin. (DEWI PATMALASARI/Y)

Berita Terbaru