Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lombok Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Kalteng Ingatkan Pengelolaan ADD Harus Bijak

  • Oleh Donny Damara
  • 23 September 2023 - 23:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Banyaknya kasus penyalahgunaan dalam pengelolaan Anggaran Dana Desa (ADD) oleh oknum kepala desa yang tidak bertanggung jawab menjadi kerugian tersendiri terutama terhadap pembangunan di desa

Mengingat kasus penyalahgunaan ADD ini sering terjadi Anggota DPRD Kalteng, Rusita Irma mengingatkan kepada seluruh kepala maupun aparatur desa khususnya yang ada di wilayah Kalteng ini agar dalam mengelola ADD harus dilakukan secara bijak dan transparan serta benar-benar untuk membangun desa.

"Tanggung jawab itu yang paling utama, karena ADD ini diperuntuhkan untuk kepentingan pembangunan desa bukan untuk kepentingan pribadi. Kepala maupun aparatur desa harus berkomitmen memajukan desanya dengan melaksanakan program pembangunan menggunakan ADD," ucapnya, Sabtu, 23 September 2023.

Tujuan pemerintah menyalurkan ADD yakni agar setiap desa yang ada di Indonesia secara umum dan khususnya Kalteng dapat melaksanakan pembangunan desa diberbagai sektor. Penggunaan ADD yang bijak pastinya akan memberikan dampak positif terhadap kemajuan.

Selain itu, ADD juga dapat dipergunakan untuk mencanangkan program yang utamanya bisa membuat desa itu mandiri baik dari segi memenuhi anggaran desa hingga keberlanjutan pembangunan berikutnya. Sebab, setiap desa pastinya memiliki potensi yang bisa memberikan manfaat bagi desa tersebut.

"Dengan program tepat pastinya desa bisa mandiri dalam memenuhi kebutuhan pembangunan, jadi pengelolaan ADD itu harus sebijak mungkin. Gali potensi yang memang benar-benar bisa memberikan manfaat bagi desa terutama untuk memenuhi APBDes," imbuhnya. (DONNY D/R)


TAGS:

Berita Terbaru