Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Banjarmasin Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Relokasi Warga Desa Tumbang Mujam Perlu Kajian

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 23 September 2023 - 23:15 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor mengatakan relokasi warga Desa Tumbang Mujam, Kecamatan Tualan Hulu perlu kajian.

"Relokasi itu boleh Apabila memang Desa itu sering banjir tetapi tentunya akan ditinjau dulu akan dianalisa," kata Halikinnor, Sabtu, 23 September 2023.

Hal itu ia katakan merespon permintaan warga Desa Tumbang Mujam. Desa tersebut salah satu wilayah langganan banjir. Bahkan dalam satu tahun bisa 2 hingga 3 kali banjir. 

Relokasi perlu kajian mendalam mengenai masyarakat dan wilayah barunya. Bagaimana prospek ke depan akan maju berkembang untuk lebih maju. Karena relokasi tidak semudah membalikkan telapak tangan. 

Namun kata dia, relokasi tersebut jangan sampai seperti Desa Hanjalipan, Kecamatan Kota Besi. Pemerintah membangun perumahan dengan dana besar di seberang. Kurang lebih 90 rumah tidak ditempati.

"Alasan mereka terbiasa hidup di desa itu walaupun banjir," ujarnya.

Oleh karena itu, masyarakat setempat harus betul-betul memiliki keinginan untuk direloksi.

"Kalau anggaran memang jika itu kebutuhan maka akan menjadi perhatian kita. Karena relokasi bukan hanya menjadi kewajiban pemerintah daerah tetapi juga pemerintah pusat," tutupnya. (DEWI PATMALASARI/J)


TAGS:

Berita Terbaru