Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Yahukimo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disaksikan Bupati Lamandau, TPKD Tamiang Serahkan Pelunasan Biaya Pemasangan Listrik Warga

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 24 September 2023 - 06:20 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Tim Pengelola Kebun Desa (TPKD) Desa Tamiang, Kecamatan Bulik, Kabupaten Lamandau secara resmi melunasi seluruh biaya instalasi dan KWH baru listrik PLN untuk warga setempat. Pelunasan pembayaran tersebut diserahkan oleh pengurus TPKD melalui Pj Kades Tamiang kepada pihak ketiga dengan disaksikan langsung Bupati Lamandau, Hendra Lesmana dan ratusan masyarakat, bertempat di Aula Desa Tamiang, Sabtu 23 September 2023.

Biaya pelunasan untuk pemasangan, instalasi dan KWH baru tersebut sebesar Rp.323.000.000. Jumlah tersebut untuk mengcover 146 KWH dengan rincian 140 untuk rumah warga dan 6 KWH lainnya dipasang di berbagai fasilitas umum yang ada di Desa Tamiang.

Selain Bupati, kegiatan tersebut juga dihadiri Kadis Pariwisata, Kadis Perizinan, Camat Bulik, Damang Kecamatam Bulik, perwakilan dunia usaha sekitar dan sejumlah pihak lainnya.

Penasehat TPKD Desa Tamiang, Edi Manto, menyebut jika eksistensi TPKD Tamiang saat ini tidak terlepas dari saran dan masukan Bupati Hendra Lesamana. Hasil kebun desa diharapkan mampu menjadi solusi atas kebutuhan-kebutuhan desa.

"Makanya dari berbagai saran dan masukan pak Bupati itu, TPKD yang berkolaborasi dengan pemdes banyak menggagas program, diantaranya program listrik gratis bagi seluruh warga Desa Tamiang seperti saat ini," kata Edi Manto.

Tak hanya itu, sebagai salahsatu tokoh masyarakat Desa Tamiang Edi Manto juga menyampaikan terima kasih kepada Bupati Hendra Lesmana yang dinilai telah memberi perhatian luar biasa terhadap Desa Tamiang. Menurutnya, ada banyak program pembangunan yang semula sulit terwujud justru telah dijawab dengan bukti.

"Sejak kami lahir di sini kami memimpikan listrik PLN maupun jalan penghubung desa. Namun dengan kegigihan pak Bupati, mimpi kami warga desa di ujung kecamatan Bulik ini bisa terwujud. Saat ini listrik PLN sudah dalam proses bahkan sudah pemasangan KWH, bahkam sebentar lagi peresmian. Termasuk pembangunan jalan antardesa juga beberapa bulan lalu telah dibuka. Kami atas nama masyarakat sangat menghaturkan kasih banyak pak Bupati. Semoga tuhan membalas kebaikan pak Bupati," ungkapnya.

Edi Manto juga mengaku jika perasaannya kala itu campuraduk antara senang dan sedih, senang karena di masa kepemimpinan Bupati Hendra Lesmana desa Tamiang terus berkembang, sedih karena di saat bersamaan merupakan hari terakhir Bupati Hendra Lesmana menjabat sebagai Bupati Lamandau. 

"Atas nama pribadi dan masyarakat Desa Tamiang kami hanya dapat mendoakan semoga pak Bupati Hendra Lesmana dan keluarga senantiasa diberikan kesehatan dan semoga apa yang menjadi hajat pak Bupati dan keluarga juga dikabulkan oleh Tuhan," ucapnya.

Dalam kesempatannya, Bupati Hendra Lesmana menyampaikan apresiasi dan rasa bangga kepada TPKD Tamiang yang kembali memberikan manfaat nyata bagi warga guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

"Jika TPKD ini ditangani oleh orang yang tepat, maka manfaatnya akan dirasakan oleh masyarakat," ungkapnya.

Oleh karena itu, sebutnya lagi, semua pihak baik pemerintah desa, BPD, dan masyarakat harus senantiasa menjaga dan bersama-sama mendukung kinerja TPKD dalam melaksanakan tugas-tugasnya, sehingga keberlangsungan pengelolaan kebun desa dapat terlaksana dengan baik.

"Sosok seperti Abang Edi Manto sebagai salah satu tokoh di desa ini harus didukung masyarakat, karena berkat dedikasinya, TPKD Tamiang telah terbukti mampu memberikan manfaat yang nyata bagi warga desa Tamiang," ujarnya.

Dalam kesempatannya, Bupati Hendra Lesmana juga menyampaikan salam perpisahan kepada warga desa Tamiang karena masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Lamandau akan berakhir pada tanggal 24 September 2023.

"Desa Tamiang merupakan kampung pertama yang menyambut saya dengan adat saat lima tahun lalu awal saya menjabat, dan hari ini kegiatan terakhir saya sebagai Bupati periode 2018-2023. Saya sangat terharu juga ini terbawa suasana. Tapi kita jangan bersedih. Yang pasti saya mohon maaf jika selama menjadi Bupati ada hal-hal yang kurang berkenan," pungkasnya.

(HENDI NURFALAH/Y)

Berita Terbaru