Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Teluk Bintuni Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jorge Martin juarai Sprint MotoGP India kalahkan Marquez

  • Oleh ANTARA
  • 24 September 2023 - 08:20 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Pebalap Prima Pramac Jorge Martin tampil dominan dan merebut gelar juara Sprint perdana MotoGP India, sementara Marc Marquez akhirnya berdiri di podium untuk kali pertama di musim ini, Sabtu.

Bagi Martin, ini merupakan kemenangan Sprint keduanya secara beruntun setelah putaran San Marino dua pekan lalu.

Di Sirkuit Internasional Buddh, Martin menjadi yang tercepat atas pemimpin klasemen sementara Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) yang terpaut tipis 1,389 detik. Sementara Marquez memberikan kejutan dengan tampil percaya diri dan merebut posisi podium terakhir dengan selisih waktu 2,405 detik dari Martin.

Tepat di belakangnya, adalah pesaing terbesarnya dalam memperebutkan posisi tiga teratas yaitu Brad Binder (Red Bull KTM) yang hanya terpaut 0,501 detik saja dari Marquez. Binder menunjukkan kecepatan yang tinggi serta strategi yang berhasil setelah memulai balapan dari posisi ke-14.

Melengkapi posisi lima besar adalah peraih pole MotoGP India pertama, Marco Bezzecchi (Mooney VR46) dengan selisih waktu 3,266 detik dari Martin. Walaupun memulai dari posisi terdepan, Bezzecchi sempat terlibat kontak dengan rekan satu timnya, Luca Marini, dan harus memulai lagi balapan dari posisi belakang.

Dengan enam lap tersisa, pebalap Italia itu berhasil masuk ke 10, bahkan lima besar, dan sukses mengungguli Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha). Ia juga mencatatkan lap tercepat dalam balapan di lap terakhir, sekaligus langsung mematahkan rekornya sendiri di India.

Posisi ketujuh hingga sepuluh diisi oleh Jack Miller (Red Bull KTM), Maverick Vinales (Aprilia Racing), Raul Fernandez (CryptoDATA RNF), dan Fabio Di Giannantonio (Gresini Racing).

Kecelakaan juga menimpa Joan Mir (HRC) karena sebuah kesalahan kecil dan membuatnya kesulitan untuk mengejar ketinggalan. Ia lalu terjatuh dan tersingkir dari dari balapan Sprint tersebut, demikian laman resmi MotoGP menyebutkan.

ANTARA

Berita Terbaru