Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mengenal Lebih Dekat Pj Bupati Barito Timur

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 24 September 2023 - 17:50 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Sekretaris Direktorat Jenderal Bina Administrasi, Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri Indra Gunawan, SE., MPA akan dilantik oleh Gubernur Kalimantan Tengah menjadi Pejabat (Pj) Bupati Barito Timur besok Senin, 25 September 2023.

Pelantikan Indra Gunawan tersebut dilakukan bersama 8 Pj bupati dan 1 Pj walikota lainnya.

Pria yang akrab disapa Indra dan memiliki prinsip kerja keras ini merintis karier di pemerintahan benar-benar dari dasar. Awal  memulainya Indra bekerja sebagai staf di Direktorat Bina Wilayah Perbatasan dan Kepulauan Terpencil Direktorat PPW Kementrian Dalam Negeri pada 1 Maret 1996.

Berbagai posisi pun kemudian dijalani Indra, diantaranya sebagai staf pada Subdit Pembangunan Kawasan Khusus dan Perbatasan Direktorat Bina Keserasian Bangda, staf pada Subdit Kerjasama Pembangunan Wilayah Direktorat Pengembangan Wilayah Ditjen Bangda, serta staf pada Pusat Data, Informasi, Komunikasi dan Telekomunikasi.

Selama bertugas di Ditjen Bangda pada tahun 2000 Indra aktif dalam pembenahan pasca konflik Poso, tahun 2006 ikut serta dalam penguatan pemerintahan pasca sunami Aceh khsus Kabupaten Simeulue dengan mendapatkan bantuan dari Islamic Development Bank, kemudian pada tahun 2007 Dia ikut bertugas dalam pembenahan pasca konflik Maluku dan Maluku Utara dengan pembangunan kantor-kantor pemerintahan yang rusak.

Berkat kerja kerasnya, Indra diberikan kepercayaan untuk memangku jabatan sebagai Kepala Subbidang Sistem pada Bidang Data dan Sistem Pusat Data Informasi, Komunikasi dan Telekomunikasi pada tanggal 6 Juli 2009 dan dilanjutkan menjadi Kepala Subbag Umum pada Bagian Tata Usaha Pusat Data Informasi, Komunikasi, dan Telekomunikasi.

Banyak tugas yang dipercayakan kepada Indra dan dilalui dengan baik, tidak heran karirnya melesat naik. Pada usia 40 tahun, atau tepatnya pada 5 Oktober 2010, Indra dipercayai sebagai Kepala Seksi Wilayah IVA pada Subdit Perencanaan Pembangunan Wilayah IV Dit. PPD Ditjen Bangda dan selanjutnya menjadi Kepala Seksi Wilayah IVA pada Subdit Perencanaan Pembangunan Wilayah IV Dit. PPD Ditjen Bangda.

Karena keteladanan dan kompetensi yang mumpuni dalam bidang perencanaan, Indra kembali dipercaya duduk sebagai Kepala Bagian Perencanaan Anggaran pada Biro Perencanaan Sekretariat Jenderal pada 31 Agustus 2015.

Semua kerja keras dan ikhtiar untuk melayani masyarakat pun berbuah manis. Indra resmi menyandang jabatan Direktur Toponimi dan Batas Daerah pada Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan yang diperoleh melalui sistem lelang terbuka pada tanggal 9 September 2019 dan dilantik oleh Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo.

Kinerja dan prestasi yang cemerlang membawa pria kelahiran Tanjung Karang Lampung 15 Juli 1970 itu, kembali dipercaya menjabat Sekretaris Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan, mulai tanggal 18 Agustus 2020, sampai saat ini.

Pada masa jabatan sebagai pimpinan tinggi di Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan, dia juga pernah dipercaya untuk sekaligus menjabat sebagai Plh. Direktur Polisi Pamong Praja dan Perlindungan Masyarakat dan Plh. Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan pada waktu yang berbeda.

Berita Terbaru