Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pemalang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Barito Timur Resmikan Bundaran Tugu Gunung Perak

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 24 September 2023 - 19:10 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas meresmikan Bundaran Tugu Gunung Perak di Desa Jaar, Kecamatan Dusun Timur, Minggu, 24 September 2023.

Peresmian tersebut dihadiri unsur Forkompimda dan beberapa kepala perangkat daerah terkait.

Acara diawali dengan laporan Kepala Dinas PUPR Perkim Yumail J Paladuk yang menjelaskan rincian anggaran pembangunan Bundaran Tugu Gunung Perak. Ikon kebanggaan warga Barito Timur itu dibangun secara bertahap sejak tahun 2021 dengan menggunakan APBD Barito Timur.

Yumail mengakui pembangunan Bundaran Tugu Gunung Perak belum sempurna. Karena itu pemerintah daerah berencana memasang lampu pada area tugu dan membuat saluran pembuangan air pada tahun berikut.

Sementara itu, dalam sambutannya Bupati Ampera AY Mebas mengapresiasi semua pihak yang turut berperan membangun dan menghadiri acara peresmian Bundaran Tugu Gunung Perak ikon kebanggaan warga Barito Timur.

"Filosofi pembangunan Bundaran Tugu Gunung Perak ini secara historis memberikan makna kehidupan yang dipenuhi dengan kelimpahan dan keistimewaan bagi kehidupan warga Maanyan, gunung perak ini juga menjadi simbol kesejahteraan dan kemakmuran," terangnya Bupati.

Kepala Daerah menambahkan, pada beberapa sisi Bundaran Tugu Gunung Perak juga terdapat patung Burung Jue yang merupakan burung langka ciri khas Barito Timur.

"Kita patut berbangga dengan keberadaan Bundaran Tugu Gunung Perak ini yang dapat menarik perhatian publik dan menjadi objek swafoto masyarakat yang bukan hanya masyarakat lokal melainkan masyarakat dari daerah-daerah lain," ungkapnya.

Bupati mengatakan, Pemkab Barito Timur menghabiskan anggaran Rp4,7 miliar yang bersumber dari APBD 2021-2022 untuk membangun Bundaran Tugu Gunung Perak.

Kawasan Bundaran Tugu Gunung Perak juga diperindah dengan tulisan timbul Bundaran Tugu Gunung Perak dan Gumi Jari Janang Kalalawah sehingga semakin mempercantik ikon Barito Timur itu.

Berita Terbaru